Rabu, 18 Mei 2011

Pilih Facebook Pro atau Free? Lelucon sejak tahun 2009

Punya Facebook? tentu saja. Jejaring sosial nomor satu di dunia ini sudah berkali kali diterpa isu Facebook Pro yang akan segera hadir.Jika kalian melakukan pencarian di Mbah Google dengan kata kunci "Facebook Pro" hari ini, maka akan tampil 1.200.000.000 hasil! , angka yang fantastis bukan?
Gambar diatas adalah Screen Shot pada halaman blog iheboh.blogspot.com yang salah satu tulisannya dimuat oleh Vivanews.com sebagai "BLOG TERPOPULER". Para Blogger tentu ingin sekali tulisannya bisa tampil dan dimuat serta mendapat titel "Enrty Populer" di situs ternama sekelas Vivanews.
Nah, kalian sudah tentu kenal halaman diatas, Kaskus! The Largest Indonesian Community. Dihalaman ini tampil kembali berita yang sama dengan gambar pertama, yang isinya memberitakan bahwa Facebook akan mengenakan tarif US$10 per bulan untuk akun Facebook Pro dengan fasilitas istimewa berbanding Facebook Free. Saya tidak akan menulis ulang fitur fitur Facebook Pro ini sebab sudah banyak yang menuliskannya.
Sedangkan gambar diatas saya salin dari Catatan Facebook The Next Web yang ditulis pada tahun 2009!. Isinya sebuah pertanyaan dan update tentang kebenaran Facebook pro!.

Untuk lebih jelasnya, saya salin ulang Catatan tersebut seperti dibawah ini:

Apakah 'Facebook Pro' sedang di uji coba-atau ini hoax belaka?

Baiklah, ini bisa saja tipuan  berikutnya tapi kita tidak boleh mengabaikannya.

Seorang Blogger telah menulis sebuah cerita tentang ia terlibat dalam pengujian Facebook Pro, sebuah versi berbayar dari jejaring Facebook. Kemungkinan, tampaknya ditujukan untuk bersaing dengan LinkedIn dan memiliki fitur sebagai berikut:

* Kemampuan untuk menyimpan Riwayat Pekerjaan
* Kemampuan untuk menulis Rekomendasi pada Profil
* Kontrol yang lebih ketat untuk keamanan Profil
* Sertifikasi Lencana Facebook
* Kartu Nama Digital

Akun ini dikenakan biaya sebesar US$29.95 untuk 6 bulan.

Beberapa "Akun" yang (memiliki fitur ini) sudah ditemukan, termasuk salah satunya yang menjadi referensi layanan baru ini.

Kenapa kita menganggapnya Hoax?

1- Orang yang "dianggap" telah menemukan akun (Facebook Pro) ini menulis pada Forum Hacker News dengan ID baru dan tersebar cepat dalam beberapa menit.
2- Proses Upgrade ke Facebook Pro terlihat berlebihan dan sangat tidak profesional.
3- Cara pengujian seperti ini tidak lazim dilakukan Facebook yang selalunya diumumkan lalu mencari pengguna terpilih. Dan bukan dengan menyembunyikan Beta Testing.

UPDATE 1 : Seseorang yang mengaku sebagai Staff Facebook telah berkomentar pada Akun Facebook Pro dimaksud dengan menuliskan " Ini adalah Scam. Saya baru saja mengirim Review ke Komite kami, tapi saya menebak mereka sudah mengetahui dan menutup akunnya".

UPDATE 2 : Ya, seperti yang kita duga, ini semua lelucon yang telah diatur.Kamu harus bangun pagi untuk membodohi The Next Web! dan kami suka membahas hal hal semacam ini.

Dan, saya tidak perlu mengirim surat ke Kang Mark Zuckerberg (mungkin dia sudah lupa sama saya) untuk memastikannya, sebab hingga hari ini halaman pertama Facebook masih menuliskan kata sambutan,

Gratis, sampai kapan pun.


UPDATE !:
Sumber kedua adalah Beritanet.com, yang menyalin dari sebuah situs India
Ini dia sumber pertama, TechTree.Dengan sumber dari sini
Perhatikan Gambar Sumber diatas! Salam HOAXER!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Share