SS Cyclops dan Keindahan Segitiga Bermuda

Saya mungkin melawan arus bagi para pencinta tempat dan lokasi misterius, tapi judul diatas tidak mengada ada. Saya akan menceritakan kemewahan wisata maritim di segitiga Bermuda tapi juga menelusuri bagaimana awalnya laut yang indah dan tenang ini disebut sebagai Tempat Misterius.

Segitiga Bermuda terletak di Selatan Lautan Atlantik, formasi segitiga dimulai dari Miami lalu ke Puerto Rico dan berakhir di Pulau Bermuda seperti terlihat pada gambar diatas. Arus di perairan sekitaran tidak  kencang, rata rata hanya 6 knot saja (Knot: Nautical Miles) setara dengan 11,1 km/jam. Arus yang tidak kencang  sangat baik untuk kapal kapal pesiar mewah yang berukuran besar dan yacht club berlabuh disini.
 Navigator of the Seas
Majesty of the Seas
Yacht Club
Datanglah ke Karibia atau Nassau,Panama, maka kalian tidak akan merasakan hawa misterius sedikitpun, kalian tidak akan berpikir bahwa ada hantu atau jin dan mahluk asing gentayangan di perairan Bermuda. Tapi justeru akan menemukan lokasi wisata laut berkelas internasional dengan banyak kapal pesiar dan kegiatan olahraga air yang mengasikkan. Namun pada zaman dahulu bukan pariwisata yang menjadi pendapatan terbesar wilayah ini, industri galangan kapal adalah yang paling populer lalu di gantikan oleh industri perbankan. Hingga saat ini pariwisata bukanlah sumber devisa utama di seputaran segitiga Bermuda.
Royal Caribbean Cruise Liner beroperasi disini menyediakan fasilitas hotel terapung berbintang dengan kasino bertaraf internasional diatasnya, semua fasilitas mewah tersedia diatas kapal. Mau panjat tebing atau sekedar berjemur  disamping kolam renang juga asik.

Berjemur di pool side
Atau suka memanjat tebing, semua dilakukan diatas perairan yang disebut segitiga bermuda.


Armada Royal Caribbean Cruise Liner
Pulau Bermuda yang kecil ini sangat di sukai penyelam dan pecinta olahraga air


Lalu bagaimana orang bisa beranggapan bahwa tempat seramai ini menjadi begitu ditakuti? Baiklah , kisah awalnya adalah ketika Christopher Columbus berlayar melalui kawasan ini pada pelayaran ke empatnya, saat itu ia melihat api besar di langit dan kompas di kapalnya tidak berfungsi dengan baik . Tapi apakah benar seperti itu kejadiannya? mari kita lihat catatan Columbus saat itu, yaitu tanggal 5 Desember 1502 di perairan Bermuda.

Api Besar di Langit dan Kegagalan Kompas?

On 5 December 1502, Columbus and his crew found themselves in a storm unlike any they had ever experienced. In his journal Columbus writes,
For nine days I was as one lost, without hope of life. Eyes never beheld the sea so angry, so high, so covered with foam. The wind not only prevented our progress, but offered no opportunity to run behind any headland for shelter; hence we were forced to keep out in this bloody ocean, seething like a pot on a hot fire. Never did the sky look more terrible; for one whole day and night it blazed like a furnace, and the lightning broke with such violence that each time I wondered if it had carried off my spars and sails; the flashes came with such fury and frightfulness that we all thought that the ship would be blasted. All this time the water never ceased to fall from the sky; I do not say it rained, for it was like another deluge. The men were so worn out that they longed for death to end their dreadful suffering.
Kilatan petir dan guntur yang bersahut sahutan selama satu malam penuh dan sembilan hari di hajar ombak besar akibat hujan badai dan tidak mampu ditembus oleh kapalnya jelas saja merupakan peristiwa alam yang luar biasa, hujan badai dan ribut petir seperti ini bisa terjadi di laut manapun. Kompas jelas saja akan berputar ke segala arah jika kapal terombang ambing dan dihempas mundur oleh gelombang dan itu peristiwa alam normal. Tidak ada yang misterius pada peristiwa ini.

Namun kejadian itu dikatakan  sebagai peristiwa ganjil pertama kali di segitiga bermuda. Apakah yang ada di pikiran kalian dengan melihat api besar di langit tanpa mendapat detail kisahnya? meteorkah? atau UFO yang jatuh terbakar? hhhhmmm terlalu berlebihan bukan?.

Hingga kini tidak ada yang bisa menentukan koordinat pasti lokasi saat Columbus mengalami kesalahan Kompas. Menurut perkiraan rutenya, saya kira lokasinya dekat Panama. Memang benar kapal Columbus pernah mengalami kandas dan terdampar selama hampir setahun, tapi penyebabnya dia aja yang salah menghitung kedalaman alur sungai saat memasuki Jamaica. Dalam empat kali pelayarannya, Columbus berulang kali memasuki perairan Bermuda, Bahama, Karibia dan  sekitarnya dengan selamat. 
Klik disini untuk lebih detail
Jika kalian membantah dengan argumen hilangnya SS Cyclops tahun 1918 dan sebuah armada dagang milik Spanyol pada tahun 1750, maka saya juga punya peristiwa KM.Cahaya Bahari yang hilang dalam pelayaran dari Tobelo ke Manado tahun 2000 di Indonesia, Kapal motor itu memiliki alat navigasi pelayaran yang lengkap dan modern namun hilang begitu saja padahal saat kapal berlayar cuaca sangat bagus, saat itu kapal kelebihan muatan akibat dipenuhi oleh pengungsi yang ingin segera keluar dari Tobleo secepatnya. Penumpang yang jumlahnya puluhan dan bangkai kapalnya hingga kini tidak pernah ditemukan. Tidak ada satu kapal pun yang melaporkan melihat atau bertemu dengan KM.Cahaya Bahari di rute yang sama. Apakah yang terjadi pada ketiga kapal ini? berbanding dengan peralatan navigasi pelayaran tahun 1750,1918 dan 2000 saya bisa pastikan kesiapan awak kapal dan nakhoda untuk mengirimkan tanda bahaya pasti lebih mapan bagi kru kapal tahun 1918 dan tahun 2000. Intinya, mereka sama sama mengalami musibah dilaut namun tidak sempat mengirimkan tanda bahaya ke radio pantai  atau kapal terdekat. Namun untuk SS Cyclops saya bisa menelaahnya dengan sedikit berbeda. Berikut kejadian sebelum SS Cyclops bertolak dari pelabuhan Barbados dan hilang di Bermuda.


SS Cyclops berlayar dari pelabuhan Rio de Janeiro,Brazil pada 16 februari 1918 bertujuan ke pelabuhan Baltimore,Maryland Amerika, namun sempat mampir ke pelabuhan Bahia,Salvador pada tanggal 20 Februari 1918 . Kapal Perang pengangkut ini membawa 11,000 ton mangaan untuk materi pembuatan amunisi. Kapal seharusnya hanya mampu menampung beban seberat 8,100 ton saja, namun dipaksakan memuat 11,000 ton. Ini disebut overloaded atau kelebihan muatan yang fatal akibatnya untuk stabilitas (keseimbangan) kapal ketika berlayar.
Jika saya ditempatkan diatas SS Cyclops dan diminta untuk melayarkannya saat itu, saya lebih memilih undur diri sebagai Nakhoda daripada mempertaruhkan nyawa 306 kru kapal . 

Sesaat sebelum berlayar, Komandan Worley membuat laporan ke otoritas pelabuhan bahwa silinder mesin sebelah kanan mengalami keretakan dan tidak berfungsi dengan baik, dan kerusakan itu dibenarkan oleh badan survey kelaik lautan kapal setempat, namun kapal tetap dipaksakan berlayar kembali ke Amerika.

Setelah berlayar, kapal melakukan deviasi dan berhenti di pelabuhan Barbados sebab garis timbul lambung kapal menunjukkan bahwa kapal terlalu sarat atau kelebihan muatan. Lagi lagi pihak survey kelaik lautan kapal di Rio de Janeiro mengatakan bahwa muatan sudah disusun dengan tepat dan kapal masih laik laut.

Setelah itu kapal berlayar meninggalkan Barbados menuju Baltimore,Maryland Amerika dan sejak saat itu SS Cyclops tidak pernah terlihat atau melakukan kontak radio dengan radio pantai dan kapal apapun, bangkai kapal juga tidak pernah ditemukan.

Ada sebuah kapal tanker pembawa materi sari gula tebu bernama Amolco yang diisukan sempat melihat SS Cyclops di perairan Virginia pada tanggal 9 Maret 1918, namun isu ini ditepis oleh Kapten tanker Amolco sendiri.

Dan pada tanggal 10 Maret dilaporkan ada badai besar menyapu tanjung Virginia yang bisa saja menenggelamkan SS Cyclops.

Belum lagi satu kemungkinan yang bisa saja terjadi, yaitu kapal di alihkan ke German . Kenapa ? sebab Kapten Worley yang terlahir di Sandstat,Hanover Jerman ini memang sangat Pro Jerman dan bertemperamen kasar terhadap perwira dan kru kapal berkebangsaan lain. Ia dicurigai berpihak kepada Jerman saat WWI dan SS Cyclops di alihkan rutenya ke Jerman pada pelayaran terakhir itu. Tentu saja motifnya adalah muatan Mangaan yang sangat di butuhkan Jerman untuk bahan amunisi.
Livingston stated he believed Gottschalk may have been directly involved in collaborating with Worley on handing the ship over to the Germans
Jadi kesimpulan saya ada banyak penyebab hilangnya SS Cyclops ini,

1. Kelebihan muatan.
2. Kerusakan Mesin (silinder mesin kanan kapal tidak berfungsi dengan baik)
3. Badai besar yang menghantam kapal di tanjung Virginia.
4. Di selundupkan ke Jerman karena muatan berharga.

Salah satu diantara tiga faktor pertama saja sudah bisa menenggelamkan sebuah kapal, apalagi jika ketiga tiganya terjadi pada satu kapal. Bangkai kapal memang belum ditemukan, namun bukan berarti kapal itu hilang tanpa sebab . Dan jika asumsi kapal dialihkan ke pihak Jerman maka kita tidak akan pernah mendapat pengakuan dari Jerman sampai kapanpun.

Komentar

  1. Bagus Bgt ni ulasanya masuk akal sekali, hahahha kita termakan gosip ya??

    BalasHapus
  2. @vhanz Holywood terlalu berlebihan bro....thx dah komen

    BalasHapus
  3. Saya sih setuju dengan pendapat om Haryadi atas tragedi Colombus itu.

    Tapi bagaimana dengan cerita-ceritanya selama ini. Sebetulnya bukan hanya kapal yang hilang tapi benda yang melewatinya terutama yang berkapasitas elekronik, magnetik, dan metal, rata2 hilang disana Contohnya tidak lain dan tidak bukan adalah Pesawat.

    BalasHapus
  4. @Andika Segitiga Bermuda itu sangat padat lalu lintas laut dan udaranya sejak abad 14, Berbanding abad 14 dan saat ini, sangaaat jauh berbeda. Ada banyak kapal dan pesawat terbang melintas disini setiap hari tanpa hambatan.

    Kamu bisa bandingkan dengan traffic selat singapura yang juga padat.

    Laut dan jalan raya tidak jauh berbeda dalam hal kecelakaan laut, angka 50 kecelakaan itu relatif kecil berbanding ribuan taffic kapal dan pesawat yang melintasi bermuda setiap tahun.

    Saya akan posting beberapa foto kegiatan saya menghandle kapal kapal yang bernasib sial ketika passing di selat singapura dan batam. Bahkan ada satu tempat yang hampir setiap bulan selalu dilanggar kapal, meski sudah terpasang rambu rambu dengan jelas Sebagai perbandingan kecelakaan kapal.

    Berita berita kegagalan instrumen pesawat terbang dan efek magnet bumi dihembuskan orang orang yang suka sisi misteri tidak relevan lagi untuk teknologi pelayaran dan penerbangan masa kini.

    Temanku bilang, lihatlah keluar jendela dan jangan hanya duduk membaca.

    Karena yang ditulis sebagai misteri sebenarnya bisa saja bukanlah misteri , tapi kepintaran akal manusia justeru menjadikannya sebagai misteri.

    BalasHapus
  5. WAW, betulkah....

    Jadi Bermuda tidak yang seperti saya bayangkan selama ini

    BalasHapus
  6. wah, ngeliat tempatnya kok malah mewah banget ea?
    aku pikir gak mewah2 amat cz gak ada yang mau ksana

    btw to kraken
    tukeran link ya
    http://ianfile-memories.blogspot.com/

    link blog ini dah tak pasang
    saya jg udah nge-follow

    BalasHapus
  7. @Andika: Begitulah sebenarnya keadaan disana,....lebih banyak foto foto Panama seputaran ada di tab Tentang Saya-Slideshow-View All Images.

    @Arfian:Alamnya sangat bagus, bukan satu tempat di dunia ini yang sebagus Bali, pantai Bintan Lagoon ditempat saya tidak kalah dari bali.

    Kawasan Karibia, Bahama dan seputaran Bermuda adalah tujuan wisata internasional,silahkan klik link di balik sub judul"Memahami Bermuda".

    Link anda segera saya pasang.Terima kasih

    BalasHapus
  8. Om Haryadi, Kalau di sekitarnya barangkali gk berbahaya. Bagaimana kalau betul2 dalam Zonanya

    BalasHapus
  9. Tidak ada bahaya apapun dalam zona itu...Dari Miami menuju Kepulauan Bermuda melalui zona tersebut, dari Puerto Rico menuju Kepulauan Bermuda dan ke Miami juga melintasi zona itu and nothing happen on present days bro..laut sekitar aman aman saja untuk penerbangan dan pelayaran.

    Jika zona itu berbahaya, lalu apakah Royal Caribbean Cruise Liner mau mempertaruhkan kesemua kapal kapal pesiarnya untuk hilang begitu saja? tentu saja tidak bro.

    Otoritas kepelabuhanan setempat pasti mengeluarkan larangan terbang dan berlayar dikawasan segitiga Bermuda secara internasional kepada Badan Maritim Dunia IMO jika memang benar berbahaya.

    Sail.net

    The Bermuda Triangle is transited every day by ships, planes and yachts.
    There was no such thing called the "Bermuda Triangle" until a guy wrote a book about it in the late 1940s. All the other books written since then are based on the first book.
    It does make a good scary story to tell around a camp fire or on a dark night at anchor for the kids and other superstitious people.
    Muh ha ha ha! Is the demon's laugher that you hear.
    Last edited by Boasun : 04-17-2007 at 11:01 AM.

    Itu kutipan dalam forum para pecinta Yacht Club.

    BalasHapus
  10. ops! dari Sailnet.com maksudnya

    BalasHapus
  11. salaam kenal gan, mohon ijin, link anda saya pasang di blogroll. ayo tukeran link.. www.apiq-apiq.co.cc

    BalasHapus
  12. @ApiQ
    Salam kenal kembali, link kamu segera saya pasang. Terima kasih sudah mampir.

    BalasHapus
  13. Terima kasih atas informasinya. Dengan adanya artikel ini saya jadi paham apa itu bermuda.
    Kanopi
    Teralis
    Aksesoris Mobil

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer