Jumat, 18 Maret 2011

Tragedi Yang Terlupakan : Hilangnya Kosmonout Russia Nikolai Peckmann, HOAX

Kisah Nyata:

Tahun 1976, Kosmonout Nikolai Peckmann dikirim sendirian ke ruang angkasa, ia akan mengorbit di stasiun luar angkasa dalam sebuah misi yang disebut 'Mission Six' untuk mempelajari tingkatan radiasi dan kondisi aneh yang membunuh empat kosmonout pada misi sebelumnya.

Pada hari ketiga, Transmisi radio dari Peckmann yang terputus putus diterima stasiun pemantau di bumi dengan gejala peningkatan paranoia dan delusi. Dia mengabarkan bahwa empat arwah kosmonout yang tewas datang menemuinya dan akan membawanya pergi. Peckmann harus terus bergerak untuk menghindar dari tangkapan mereka. Ia juga berteriak, jika ia dapat mengambil dan menyerap roh roh itu maka ia akan masuk ke tingkat kesadaran yang lebih tinggi....dia benar benar sudah gila.

Memang, gambar dari video yang pulih beberapa saat kemudian menampilkan Peckmann berlari mengitari ruang stasiun, ia terlihat menelan obat penenang darurat seperti orang gila, berhenti disudut sebentar lalu melemparkan stok vitamin kearah hantu yang tak terlihat.

Dia menghabiskan seluruh cadangan vitamin, obat obatan, buah buah segar diluar jadwal konsumsi yang ditetapkan. Tidak ada cara apapun yang bisa dilakukan oleh kru dibumi untuk menyelamatkannya jika dia kelaparan diatas sana. Lalu sebuah gangguan transmisi terjadi! rekaman video terhenti menampakkan Baju angkasanya tergeletak kosong dilantai kabin.

Kejadian ini menjadi pelajaran bagi misi sia sia berikutnya yang hanya menghabiskan uang rakyat, stasiun itu lalu dibiarkan keluar dari orbit dan melayang hilang diluar angkasa. Sebuah kegagalan yang terlupakan, diasumsikan semua bukti bukti rekaman video beserta berkas dokumentasinya sudah dimusnahkan.

The Madness of Mission Six by Travis76

Jika kalian mencari kata kunci "Nikolai Peckmann" di Mbah Google, akan ada banyak hasil yang diawali dengan pertanyaan, apa yang terjadi pada kosmonout Rusia ini? berbagai forum yang takjub dengan kisah dari Travis76 menanggapi kisah diatas seakan akan benar terjadi, padahal sebenarnya..

ini hanya promosi sebuah Kaos! Berikut ending yang tertulis di Threadless.com.

..Kemudian pada tahun delapan puluhan, sebuah perusahaan permainan yang disebut NAMCO terbentur oleh skrip kejadian kejadian itu, akhirnya mereka menyatakan - ini adalah sebuah sejarah.

"okay I just made all that crap up, but with or without a story, I hope it's a cool design."by Travis76
Travis76 bergabung di Threadless sejak 24 Januari 2005, nama sebenarnya Colie Travis Pitts dari Winston-Salem,NC dan websitenya http://zom-bot.com  . Disain kaos diatas dibuat pada tahun 2006 dan cukup banyak peminatnya, sejak itu kisah diatas mulai beredar luas dalam bahasa Spanyol, Inggris dan menyebar penuh pertanyaan. Bahkan banyak yang menduga sebagai asal muasal game Pacman. Tentu saja kita tahu kalau Pacman adalah game asal Jepang karya Iwatani yang aslinya disebut Pakkuman, anyway...orang terlalu haus akan kisah kisah tragedi yang terjadi di angkasa luar. Sebuah strategi pemasaran yang bagus....beuh!
Secara tidak langsung, saya juga terjebak viral marketing kaos ini...:(

2 komentar:

Jan Adiputra mengatakan...

Agan mau beli kaos nya juga ya?? wkwkwkwk... emang keren kok... *ngomporin*

H.Be mengatakan...

hahahahaha..memang keren

Posting Komentar

Share