Rabu, 19 Oktober 2011

Apa itu Skema Ponzi? Bagaimana Cara Kerjanya?


Q : Apa itu Skema Ponzi? dan bagaimana pula Cara Kerjanya?


A : Skema Ponzi adalah Investasi Penipuan yang dirancang untuk memisahkan para investor dari uang mereka. Dinamai Ponzi setelah Charles Ponzi menyusun sistem ini diawal abad ke 20. Meskipun sebenarnya konsep ini sudah dikenal lebih awal sebelumnya (Novel Charles Dickens pada tahun 1844).

Sistem ini dirancang apik agar publik percaya dan memberikan modal mereka untuk ditanam dalam investasi palsu. Dan setelah Aktor Intelektual merasa cukup dengan uang yang dikumpulkan, ia pun menghilang beserta uang para investornya.

Lima Elemen Kunci dalam Skema Ponzi
  1. MANFAAT: Iming iming janji bahwa modal akan kembali dalam jumlah besar diatas normal (ROI+Bonus). Tingkat pengembalian yang sudah ditetapkan (ROI Pasti). Tingkat pengembalian yang cukup tinggi dan memberi manfaat bagi investor tapi angkanya serealistis mungkin agar mudah dipercaya.
  2. SETUP: Adanya sebuah penjelasan tentang bagaimana caranya agar investor bisa mendapatkan ROI diatas normal.  Salah satunya triknya adalah, Investor awal mengaku memiliki cara tertentu atau memiliki akses informasi agar bisa menjalankan modal, atau investor awal menyebutkan bahwa ia memiliki akses investasi menguntungkan yang tidak ditawarkan pada publik.
  3. KREDIBILITAS AWAL: Orang yang menjalankan skema ini haruslah orang yang cukup dapat dipercaya dan mampu meyakinkan para investor agar mau menginvestasikan uangnya.
  4. ROI BERJANGKA BAGI INVESTOR : Paling tidak dalam beberapa kali putaran, investor dijanjikan mendapat pengembalian modal dalam jangka waktu tertentu.(Tanpa jangka waktu lebih baik...)
  5. INFO & BERITA TENTANG KEBERHASILAN : Investor lainnya harus mendengar paling tidak tentang keberhasilan pembayaran bonus serta keuntungan yang sudah didapat atau tentang pesatnya perkembangan mereka serta potensinya. Dan akhirnya uang yang masuk untuk investasi akan semakin besar berbanding yang telah dibayarkan.

LANGKAH LANGKAH DALAM SKEMA PONZI

Skema Ponzi sebenarnya sangatlah mendasar, tapi jika diterapkan dengan benar akan menjadi sangat SUPER!!. Langkah langkahnya sebagai berikut, perhatikan:

  1. Cukup meyakinkan beberapa Investor untuk melakukan Investasi.
  2. Modal akan dikembalikan setelah waktu yang ditentukan kepada investor ditambah bunga tertentu atau hanya kembali modal saja.
  3. Memperlihatkan keberhasilan investasi sebelumnya, meyakinkan lebih banyak Investor agar menginvestasikan uangnya kedalam sistem. Dan biasanya sebagian besar investor sebelumnya akan kembali investasi.  Mereka pasti mau, sebab sistem sudah terbukti memberi keuntungan besar bagi mereka.
  4. Ulangi langkah 1 sampai 3 beberapa kali (Ribuan kali kalau perlu). Dan selama investasi berada di langkah ke 2, pola akan berhenti!. Lalu aktor Intelektual akan memakai jurus Ninja Hattori untuk menghilangkan diri dan memulai hidup baru ditempat yang baru dengan uang melimpah.

Nah, jika investasi yang kalian ikuti memenuhi unsur diatas, saya bisa katakan itu Skema Ponzi.

BERAPA BESAR KEUNTUNGAN YANG BISA DIDAPAT DENGAN SKEMA PONZI?

Dalam sekala Milyar Dolar!

Sejarah telah terbukti, tercatat dan berulang lagi pada kasus Pialang Saham terbaik di  Wall Street pada tahun 2008. Yaitu peristiwa skema ponzi terbesar sepanjang masa yang dijalankan oleh Bernard L. Madoff  Investment Securities LLC

Skema yang diajalankan sama persis dengan skema Ponzi Klasik. Pelakunya Bernard L.Madoff, adalah sosok yang memiliki reputasi cukup baik di bursa saham investasi sejak 1960. Madoff adalah Ketua Dewan Direksi di NASDAQ. Kerugian yang diakibatkan sistem Ponzi ini sekitar 34 Miliar hingga 50 Miliar Dolar Amerika!.

Kisah Kisah lainnya bisa dibaca disini, ilustrasi Skema Ponzi bisa dilihat disini.(klik tanda panah dipojok kanan bawah)

Skema Madoff terbongkar ketika ia berbicara kepada anak anaknya pada suatu makan malam, saat itu dia  bilang "Klien (investor) telah meminta pencairan investasi mereka yang jumlahnya sekitar 7 Juta dolar, saya berusaha mendapatkan likuiditas yang diperlukan untuk memenuhi kewajiban".

Mr. Madoff confessed that his business was a fraud and that he was "finished." He said he had "absolutely nothing," that "it's all just one big lie," and that it was "basically, a giant Ponzi scheme." He told them the firm was insolvent, according to the complaint.
Nah cukup sudah intermezzo kali ini, semoga pembaca lebih arif dan bijaksana dalam memilih Bisnis Investasi, jangan pernah menganggap mudah mendapatkan keuntungan berlipat hanya dengan modal kecil atau dengan modal besar namun dalam waktu yang relatif singkat (malah dalam waktu yang sesingkat singkatnya gan...) . 

Dan jika kalian benar benar merasa tertipu oleh situs situs bisnis forex yang sedang booming saat ini, sebaiknya lapor juga ke link dibawah ini, tapi kalau belom ketipu gimana ya? dilanjuuuut gaaan! LOL.
  1. http://www.ic3.gov
  2. http://www.sec.gov
Sumber : googlenews,economics.about.com,U.S.Securities and Exchange Commission,wikipedia,bloomberg.com

17 komentar:

AHA ! MotivAction Training Center mengatakan...

Kalo speedline atau lexus masuk skema ini ga ya ?

Haryadi Be mengatakan...

Sama persis kesemuanya, sayang sekali Hukum di NKRI membolehkan MLM berbau Skema Ponzi dengan menambahkan Produk, dalam hal ini produk mereka adala EA/EI (Expert Advisor/Expert Indicator) untuk bermain Forex, padahal tidak semua membernya menggunakannya.

Sapta Daya Banten mengatakan...

bagaimana nih dengan JSS3 yang sedang booming di Inodnesia?

Madyadi mengatakan...

jss/justbeenpaid,terbukti tidak masuk kategori skema ponzi,berjalan aman dengan ribuan anggotanya sampai saat ini.Karena Jss memiliki sitem dan perhitungan yg baik dan teruji. Bahkan Mr.F.M menjanjikan hadiah 1juta dolar bagi siapun yg dapat menunjukan kelemahan pada sistemnya.hebat'kan?

Andri mengatakan...

wah penipu semakin pintar aja yah orang Amrik aja bisa ditipu

jovi mengatakan...

bagi yg komen kayaknya malas baca, silahkan pahami ini
1. Modal akan dikembalikan setelah waktu yang ditentukan kepada investor ditambah bunga tertentu atau hanya kembali modal saja.
2. Memperlihatkan keberhasilan investasi sebelumnya, meyakinkan lebih banyak Investor agar menginvestasikan uangnya kedalam sistem. Dan biasanya sebagian besar investor sebelumnya akan kembali investasi. Mereka pasti mau, sebab sistem sudah terbukti memberi keuntungan besar bagi mereka.
3. Ulangi langkah 1 sampai 3 beberapa kali (Ribuan kali kalau perlu). Dan selama investasi berada di langkah ke 2, pola akan berhenti!. Lalu aktor Intelektual akan memakai jurus Ninja Hattori untuk menghilangkan diri dan memulai hidup baru ditempat yang baru dengan uang melimpah

mau apapun namanya, modelnya,,kalau karakteristik udah kaya nomor 1 maka tinggal menunggu waktu aja sampai langkah selanjutnya

Adiar mengatakan...

kalo punya duit mending investasi ikut seoacademy.co aja ... ilmu itu investasi yg gak pernah abis ...

Yanto Abunazar mengatakan...

ya saya dah ketipu gan oleh www.forechasier.com. katanya ada profit harian tp dah sebulan saya ga dibayar 1 sen pun.dihub lewat HP gak diangkat-angkat.hati2iklannya ada dikoran dimana-mana. yanto padang

Yanto Abunazar mengatakan...

ya saya dah ketipu gan oleh www.forechasier.com. katanya ada profit harian tp dah sebulan saya ga dibayar 1 sen pun.dihub lewat HP gak diangkat-angkat.hati2iklannya ada dikoran dimana-mana. yanto padang

Afifah Pengusahaindo mengatakan...

Segala yang HYIP, MLM, Tumbal cari tumbal itu ponzy.

Salam blogging Aku Gak Punya Pulsa

Berjayalah blogger indonesia

Muhammad Arief Setiawan mengatakan...

Andri : Eh mas orang amrik itu lebih bego dari orang asia -_-

umar elbagistani mengatakan...

gimana dengan stiforp mas masuk kategori mana ya?

Haryadi Be mengatakan...

Stiford launching pada bulan juli tahun 2009 oleh pengusaha bernama Nauder Khazan di california. Dia merintis sekaligus 2 perusahaannya..alivemax menjual supplement dan produk kecantikan serta stiford untuk memasarkannya dalam bentuk MLM.

Nah, kebanyakan pengusaha tdk mmpi memanage dg baik pemasaran online yg kerjanya terus menerus mengirimi email kpd downline agar mengupgrade keanggotaan.

Selanjutnya silahkan catat ciri2 ponzy diatas..jika muncul salah satunya pd stiford..silahkan waspada.

"Rustan" mengatakan...

Bagamana dgn GDC bos

"Rustan" mengatakan...

Bagamana dgn GDC bos

Nawi Mania mengatakan...

pada dasarnya bisnis online memiliki skema ponzi tetapi pintar-pintarnya kita juga sebagai investor disana, kadang yang gagal adalah mereka yang serakah :D
@rustam GDC pun adalah ponzi skeme, atau bisa dicatat di sejarah sebagai skema jaya (owners GDC) wwlkwkkw

sapta bumi mengatakan...

kalo MMM?

Share