Maaf, Blog Sedang Dalam Perbaikan

Minggu, 27 Maret 2011

Soup Janin di China, HOAX

BBC NEWS menampilkan berita tentang Soup Janin atau Healty Soup yang sedang tayang di Televisi Inggeris pada tahun 2003 dalam Kolom Entertainment. Meski sudah banyak yang tahu kebohongan berita ini, tapi saya masih menerima broadcast BBM dari  segelintir golongan yang tidak tahu dengan menyebar gambar gambar Soup Janin melalui BlackBerry Messenger. Benarkah begitu?
Salah satu contoh foto Soup Janin yang saya maksud, kalian bisa melihat lebih banyak foto disini, dan membaca berita menggebu yang menyesatkan disini, disini, dalam sebuah forum dan juga hasil telaah jurnalis senior disini .

Berita yang menggemparkan ini dimuat harian semi resmi The Seoul Times, lihat gambar berikut.
Tidak hanya umat Muslim, sebuah Forum Kristen juga sempat mempercayainya, namun trit ini akhirnya dihapus setelah mendapat bantahan dari pembacanya. Yang paling parah terjadi di Skotlandia, FBI dan Scotland Yard (Pusat Pelayanan Polisi Metropolitan) ikut ikutan terprovokasi sehingga mereka melakukan penyelidikan lebih dalam pada tahun 2001. Bahkan The Guardian juga sempat memuatnya pada tahun 2002.
Lalu apakah berita ini benar? tentu saja tidak! coba baca tulisan paling akhir dari BBC berikut ini. (Buka di tab baru).
Berita dari BBC pada tanggal 03 Januari 2003 diatas menyebut nama seorang artis kontemporer China bernama Zhu Yu. Dan jelas bahwa foto foto yang beredar hanyalah hasil karya seni Zhu Yu yang di pamerkan pada Third Shanghai Biennale di Shanghai China pada tahun 2000 yang bertema "Fuck Off Exhibition". Karya kontroversi milik Zhu Yu berjudul  "Eating People".

Pameran yang diadakan pada 06 November 2000 diikuti oleh 67 peserta, setengahnya (31) berasal dari luar China, seperti Matthew Barney (AS), William Kentridge (Afrika Selatan), Emily Kane Kngwarreya (Australia), Sarkis (Turki), Anish Kapoor (India / Inggris), Katsura Funakoshi (Jepang ), dan Heri Dono (Indonesia), dan seterusnya. 

Diikuti juga oleh seniman asal Cina yang tinggal di seluruh dunia, seperti Cai, Guo-Qiang (USA), Huang, Yong-Ping (Perancis), dan Yan, Pei-Ming (Prancis), dll Dibandingkan dengan Biennale sebelumnya, bentuk seni jauh lebih bervariasi, termasuk lukisan, multi-media, instalasi, video art, dan seni konseptual, dll Selain itu, ada Simposium internasional dua-hari yang diadakan di Museum. Banyak kritikus seni, sejarawan, dan kurator dari seluruh dunia berpartisipasi. Tema Simposium adalah Budaya Fusion.(Absoluteart)

Zhu Yu lulusan   Sekolah Tinggi Akademi Afiliasi Pusat Seni di Chengdu tahun 1991. Ia lahir dikota yang sama pada tahun 1970. Setelah sukses dengan √čating People, tahun tahun berikutnya banyak seniman membuat kreasi foto foto dramatis yang seakan akan membenarkan adanya Soup Janin. Sebenarnya ada seniman lain yang menampilkan karya menjijikkan berjudul Human Oil di tahun yang sama, tapi sepertinya media kurang tertarik untuk menyebarkannya.
Human Oil oleh Peng Yu
Perhatikan video seni kontemporer China bagian 1,2,3 ini jika masih belum percaya.
Note : Foto foto dramatis tidak saya sertakan, silahkan Googling dengan key word Soup Janin, Baby Herbal Soup.

6 komentar:

Penghuni 60 mengatakan...

keciri bgt sob hoaxnya...
:D

oya sob, ada award utkmu spesial dr Penghuni60, mohon kiranya dpt diambil

H.Be mengatakan...

Terima kasih, segera ke tekape bro

dr. I.B Sindhu SpOG mengatakan...

trimakasih anda telah mengunjungi blog saya
selamat berkarya

kongsakongsi mengatakan...

tq di atas perkongsian maklumat ini...ingin dimasukkan ke dlm blog sy...

kongsakongsi mengatakan...

sudah dikongsikan...

http://kongsakongsi.blogspot.com/2012/07/kepalsuan-sup-janin-china.html

salah silap harap boleh saudara betulkan :)

Absurd Lee mengatakan...

...

Poskan Komentar

Share