Sabtu, 19 Maret 2011

Iran Berhasil Membuat Piring Terbang Pertama di Dunia

Dailymail hari ini memuat sebuah berita yang cukup menggugah rasa ingin tahu saya, jika kalian peminat UFO atau pecandu teknologi antigravitasi, so kalian harus baca penemuan ini. Iran ternyata telah berhasil membuat piring terbang pertama didunia.

Tidak begitu jelas berapa ketinggian maksimum yang bisa dicapai oleh pesawat ini, bahkan ukuran sebenarnya juga masih kabur. Dailymail seperti "memaksa" kan beritanya untuk tampil paling awal dari situs lainnya tanpa info pendukung yang lebih lengkap.
Iran Unveils Flying Saucer

TEHRAN (FNA)- Iran unveiled a home-made unmanned flying saucer as well as a light sports aircraft in an exhibition of strategic technologies.

The unmanned flying saucer, named "Zohal", was unveiled in a ceremony attended by Supreme Leader of the Islamic Revolution Ayatollah Seyed Ali Khamenei.

Zohal, designed and developed jointly by Farnas Aerospace Company and Iranian Aviation and Space Industries Association (IASIA), can be used for various missions, specially for aerial imaging.

Tapi jika ini benar, maka ini adalah piring terbang pertama yang berhasil dibuat didunia.

Pesawat diberi nama Zohal, atau dalam bahasa indonesia berarti Planet Saturnus, dan Saturn dalam bahasa Inggeris. Zohal adalah pesawat ruang angkasa tanpa awak yang didesain untuk misi pencitraan bumi namun juga mampu menjalankan berbagai misi lainnya.

Foto ilustrasi diatas tampil pada halaman depan The Far News agensi yang berjudul "We've Built A Flying Saucer". Dalam foto terlihat sebuah piring terbang yang serupa dalam film Hollywood tahun 50an sedang mengapung di lokasi yang tidak diketahui. Penulis berita tidak menyebutkan ukuran pesawat ini, namun ia mengindikasikan pesawat cukup kecil hingga mampu melewati sebuah pintu berukuran normal.

"Sebuah pesawat yang mudah diluncurkan, dipindahkan dan terbang dengan tingkat kebisingan rendah" begitu ucap ISNA (Iran Students News Agency).

"Pesawat juga dilengkapi dengan autopilot, image stabilizer, dan alat perekam video dalam kualitas tinggi (HD)".
Piring terbang ini dikatakan telah diresmikan pada pameran "Teknologi Strategis"yang di hadiri oleh pemimpin teringgi Iran yaitu Ayatollah Ali Khamenei, dan saat yang bersamaan  Iranian Aviation and Space Industries Association (IASIA) juga melakukan peluncuran pesawat yang didesain mendukung kehidupan di orbit bumi.

Kantor Berita Iran (IRNA) mengatakan pesawat itu dibawa ke orbit menggunakan Roket Kavosghar-4 (Explorer-4) diketinggian 75 mil sebelum kembali ke bumi. 

Saya berusaha memastikan kebenaran Pesawat Zohal dimaksud, berita kamis lalu memang ada menyebutkan peluncuran Roket Kavosghar-4 ke orbit bumi dengan membawa sebuah kapsul kosong yang sebelumnya diberitakan untuk diawaki seekor monyet.
Dan situs ISNA dimaksud menampilkan foto sebuah pesawat yang tampaknya mampu melakukan vertikal take off landing (VTOL) serta dilengkapi sebuah kamera dibagian bawah, fisik pesawat sangat jauh berbeda dengan ilustrasi pada Dailymail diatas. Perhatikan ada enam pasang baling baling yang bisa kalian lihat.
 Berikut kutipan berita dari ISNA disitusnya,
TEHRAN (ISNA)-Iranian aerospace scientists have built an unmanned flying saucer.

The flying saucer (cuadrotour) called "Saturn" (Zohal in Persian) was unveiled in the exhibition of strategic technologies with the presence of Islamic Revolution Commander-in-Chief Ayatollah Sayyed Ali Khamenei.

The device belonging to the new generation of vertical flyers is designed for aerial photography.
Ternyata berita  dailymail sudah terkontaminasi imajinasi sang jurnalis The Far News yang sengaja mengganti foto asli Zohal, karena isi dikedua berita memang memiliki banyak kesamaan tapi ilustrasi dibuat se-fantasi mungkin.
(Dailymail,Dawn , ISNA,Far News)

5 komentar:

xzone-military mengatakan...

bos izin linkback ok,itu jg klo boleh

Haryadi Be mengatakan...

Silahkan bro..terima kasih sudah komen

farin_abdul@yahoo.com mengatakan...

bukannya hitler yang pertama

Haryadi Be mengatakan...

belum ada yg bisa membuktikan kebenaran ttg Hitler berhasil mmbuat Flying Saucer...

Hanya ada AVRO-Car di Museum Eustis Fort.Virgina.

Modz mengatakan...

waw keren gan...

Poskan Komentar

Share