Tribun Jogja, Crop Circle di Sleman-Indonesia


Dok Facebook Andrex Tohjaya
Tribun Jogja dan Solo Pos hari ini menggelitik saya dengan berita yang serupa, sebuah Crop Circle ditemukan pada sebuah areal pematang sawah. Mari kita baca beritanya.


Detail foto ini berbeda dengan foto pertama

Laporan Reporter Tribun Jogja, Hendi Kurniawan
TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Warga Desa Rejosari, Jogotirto, Berbah, Sleman, dihebohkan peristiwa misterius. Sebuah pola geometris tiba-tiba muncul di areal persawahan desa itu pada Minggu (23/1/2011).

Menurut keterangan Basori (41), warga yang rumahnya berada di utara sawah itu. Sabtu (22/1/2011) sekitar pukul 22.30 WIB, dirinya mendengar suara gemuruh layaknya suara helikopter mendarat.

"Suara itu terdengar sekitar 30 menit. Tapi saya tidak gubris suara itu. Saya pikir itu suara helikopter lewat," tuturnya.

Hal itu diamini oleh Ayu Rukini (32), istri Basori. "Saya juga mendengar suara itu. Waktu itu saya dan suami sedang menonton televisi. Saya mengira tentara Angkatan Udara sedang latihan," terangnya.

Fenomena ini diketahui pertama kali oleh Yudi (20). "Sekitar pukul lima pagi tadi, saya berangkat kerja. Sewaktu melewati sawah ini, saya melihat padi-padi ambruk tapi membentuk pola yang rapi," kata Yudi.(*)

Sementara saya menelusuri informasi lebih lanjut tentang formasi Crop Circle yang dikatakan " Real" ini, mohon infonya jika ini Hoax.Terima kasih.


Enigma dari IMFO (INDONESIA MYSTERY FORUM) mengupload foto foto lainnya di Facebook.
Foto foto Andrex Tohjaya di akun Facebooknya juga serupa, saya rasa dari sumber yang sama. Hmmm.
Semakin penasaran, semoga Bro E (Begitu saya memanggilnya) segera menulis analisa CC ini.

UPDATE, RUTE:
Lihat Peta Lebih Besar


Bagi kalian yang ingin melihat langsung CC ini, berikut rute yang membawa kalian ke lokasi

Untuk mencapai lokasi pola lingkaran tersebut, bisa dilewati dari Bandara Internasional Adisucipto ke timur. Sampai di percetakan Kedaulatan Rakyat (KR), balik arah ke barat. Sampai di pertigaan Kalitirto, Berbah, menuju ke selatan.

Sesampainya di pertigaan Kalitirto, belok ke arah timur. Sekitar enam kilometer akan sampai di jalan alternatif Yogya-Prambanan. Di desa Jogotirto inilah dapat dengan mudah ditemukan fenomena pola lingkaran yang sering dikaitkan dengan kedatangan UFO.

Atau untuk ke sana juga bisa ditempuh dari arah Piyungan, Bantul. Dari pertigaan pom bensin Payak di Jalan Wonosari, belok ke utara. Sekitar satu kilometer dari pertigaan tersebut, anda akan sampai di lokasi. Letaknya persis di tepi jalan alternatif Yogya-Prambanan.

Lokasi tersebut agak jauh dari perkampungan warga. Rumah terdekat adalah milik Basori (41), yang berada sekitar 50 meter arah utara areal persawahan itu. Selain rumah Yudi (20), yang tepat berhadapan dengan rumah Basori.
Saat ini, di sekeliling pola lingkaran tersebut, dipasangi batas dari tali plastik yang diikatkan pada bambu. "Biar orang yang menonton tidak turun ke sawah. Nanti padi-padi yang masih berdiri, bisa rusak karena diinjak-injak," kata Jumadi, yang sawahnya terkena pola lingkaran. Diketahui CC ini berdiameter sekitar 60 meter.

Akhirnya saya dapatkan beberapa video dari lokasi yang di upload ke Youtube oleh Ahmadyuliyanto, check this out.

Komentar

  1. Quick action brother Bee. Hebatnya, saya tahu bro bee memposting ini ketika saya lagi browse di google. hehe. cepat juga keindeksnya.

    BalasHapus
  2. @enigmawaaah terima kasih bro E, saya kurang begitu hafal jenis CC, cropcircle connector juga blm merespon email saya, mungkin karena saya tidak menyertakan koordinat lokasi.Saya tunggu analisa kebenaran CC ini bro.

    BalasHapus
  3. ini membuat saya berpikir yg lain, somehow.. dan saya belum mengecek google..
    tp saya harap bro e atau bro haryadi bisa jawab pertanyaan saya.. hehehehe..
    selama ini, crop circle yang kita temui berukuran raksasa, sehingga kita berpikir "mustahil dibuat manusia"... bagaimana jika sebaliknya? justru crop circle yang bisa dibuat manusia adalah yang ukuran raksasa..
    saya belum perna mendengar informasi crop circle yg tidak berukuran raksasa.. :p

    BalasHapus
  4. @anakkucing a baru saja melihat video Cara membuat Crop Circle paling singkat. Crop circle berukuran kecil? 20 persen crop circle besar yg pernah muncul tidal bisa dijelaskan. Sedangkan 80 persen sisanya adalah man made.coba landing di Vivanews, Ada video pendek Cara membuat Crop Cirle.Dari video itu sepertinya mudah cukup mudah membuat CC besar ataupun kecil.

    BalasHapus
  5. @anakkucing Ops ! Ralat : Saya baru saja melihat.....(iam mobile sis)

    BalasHapus
  6. keren.......tapi apa bener tu UFO.......

    BalasHapus
  7. hmm..
    sptny crop circle berukuran kecil akan lebih susah dibuat bro..
    tidak bs membuat detail terlalu banyak dan susah, karena akan kekurangan space atau gambar akan terlalu kecil sehingga detail tidak terlihat.. misalnya hanya merubuhkan setangkai gandum saja..
    itu menurut pendapat saya.. hehehe..

    BalasHapus
  8. @anakkucing Intinya semakin kecil ukuran CC, akan semakin sulit memalsukannya. Bukankah begitu? kecuali membuatnya dengan adonan tepung kue, pasti enak...nah loh!

    Berita Crop Circle ini dipastikan Hoax belaka, berikut apa yang saya tangkap dari wawancara LIVE Tim LAPAN di TVOne:
    1- Tidak ditemukan sisa2 radiasi.
    2- Bending/bengkokan normal, meski tidak patah namun tidak juga seperti hasil pemanasan.
    3- Tanaman padi disekitar Pasak Pertamina yang seharusnya rebah (cos didalam lingkaran) ternyata berdiri tegak dan normal.
    4- Butiran halus magnetik tidak teridentifikasi saat pemeriksaan oleh Tim LAPAN.
    5- Ditemukan sebuah lubang sentral yang tidak ada pada CC lain.
    6- Tambah sendiri deh:ngaciir:

    Anyway,
    Seniman Indonesia ternyata cukup pintar untuk membuat heboh dunia.Bravo bravo....

    BalasHapus
  9. kalo dibuatnya di atas adonan kue, jadinya enak dan bikin kenyang bro.. wakakakaa..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer