Jumat, 19 November 2010

Mobil Listrik dari Masa Ke Masa

Mobil Listrik,...sebuah kendaraan yang menggunakan energi terbarui atau Renewable Energy sudah sering dibicarakan. Tetapi apakah pembaca tahu bahwa awal mula Mobil Listrik telah ditemukan sejak tahun 1834.

Sibrandush Stratingh (1785-1841)


Mobil Listrik buatannya bukanlah seperti yang kita bayangkan, hanya sebuah gerobak pembersih bertenaga listrik. Ia tidak sempat mengembangkan temuannya lebih lanjut karena tutup usia. Dan inilah nenek moyang mobil listrik dimaksud


Detroit Electric Car 1912

Pada awal 1900an mobil listrik sudah banyak lalu lalang di jalanan Amerika, percaya atau tidak kebanyakan para Doktor dan wanita saat itu menggunakan mobil Detroit Electric ini untuk bepergian. Karena mobil ini menjadi favorit para wanita, banyak pria tidak mau terlihat menaikinya hingga ke-populeran Mobil Listrik ini pudar. Padahal Thomas Edison dan Henry Ford pada tahun 1914 ingin bekerja sama mengisi jalan jalan di Amerika dengan mobil listrik. Kisah lebih detail tentang Detroit Electric ada pada link sub judul tulisan. 

Mobil Hybrid Pertama The Baker: 1914 - 1916
Mobil ini memiliki dua jenis sumber tenaga penggerak, yaitu Bensin dan Listrik karena itu disebut Hybrid Car.  Mobil menggabungkan kedua "utilitas dari bensin dan mobil listrik". Sebagai pengganti pedal, tuas digunakan untuk mengontrol throttle(gas). Hasilnya adalah sebuah mobil untuk dua penumpang , tahun 1916 mobil ini dipasarkan untuk efisiensi bahan bakar.

Recharging On Th Go : Januari 1920

New Jersey 1920.Mobil ini melakukan pengisian tenaga listrik ketika sedang berjalan.

Mobil Murah Pasca WWI: Agustus 1920

Setelah perang dunia pertama usai harga bensin melambung tinggi hingga 800%, keberadaan mobil listrik menjadi primadona baru yang murah meriah.

Milburn Light Electric Car : 1921

Percaya atau tidak, mobil ini full otomatis tanpa pedal gas dan gigi perseneling.

DIY Electric Car: Agustus 1937


Tahun 1937 sudah dikenal istilah Recycle-Reuseable, mobil diatas dibuat untuk anak anak berusia 5 tahun. Dirakit dari materi daur ulang.

Charles Town Car : 1959

Memerlukan waktu 8 jam untuk recharging listrik yang dapat digunakan sejauh 80 mil. Pada saat itu hanya perlu membayar 18 sen saja untuk satu kali isi ulang.

GM Hybrid Stirling Engine : 1968

Pada tahun 1968 General Motor menjanjikan sebuah mobil bermesin Stirling yang digabung dengan 14 buah batere 12Volt. Mobil ini dapat melaju 30mph.  Dan mesin Stirling terus melakukan isi ulang selama dalam perjalanan. Waktu yang dibutuhkan untuk menghidupkan mesin serta mematikannya agak lama, sekitar 20 detik.

Electro Bus dan Wood Panel Car : April 1973

Mobil Listrik dan Electrobus ini tidak sempat diproduksi secara massal dikarenakan masalah ketahanan batere .

Fiat X1/23 : Juni 1974

Mobil Listrik berjarak tempul 65mil dengan kecepatan maksimun 40mph ini hanya konsep, tidak pernah terealisasi.

Konsep Mobil Listrik Australia Selatan: 1974

Universitas Flinder's di Australia Selatan merancang mobil listrik tanpa menunggu saintis menemukan batere berdaya tahan lama. Mereka memusatkan penelitian pada motor penggerak dan transmisi. Berharap mobil ini dapat melaju sejauh 90 mil untuk sekali pengecasan.

Turbine Electric Car : September 1975

Gabungan dari mesin turbin gas dan motor listrik. Tidak diproduksi massal mungkin karena body mobil sulit dimodifikasi agar terlihat lebih elegan.

The Transformer 1 : November 1975

Nama yang keren, The Transformer 1 memiliki top speed 60mph dan hanya perlu dicas selama 45-60menit agar terisi daya 80 %. Pada tahun 1975 mobil ini adalah mobil listrik termewah dengan satu kekurangan. Diperlukan sebuah genset yang di tarik dibelakang mobil untuk menempuh perjalanan jauh.

Masuk ke era 90an sudah banyak disain mobil listrik oleh BMW,Audi,Nissan dengan menggunakan Batere Lithium Ion(2008). Namun hingga kini masih jarang sekali kita temukan mobil listrik melintas dijalanan kota kota besar di Indonesia. Kenapa? mungkin mereka menunggu mobil single seater murah meriah mewah seperti ini

2 komentar:

Andika mengatakan...

WAW!!, memang beberapa hal yang kita anggap kuno pada kenyataannya sangat diluar perkiraan. Saya rasa postingan anda yang satu ini bisa menjadi tolak ukur bagi orang2 yang meremahkan teknologi 60-an yang katanya gak bisa kebulan.

KraKen mengatakan...

Betul sekali....

Posting Komentar

Share