Rahasia Machu Picchu

Saya tadinya hanya ingin mencari informasi lebih lanjut kebenaran  sebuah postingan blog sahabat UNIVERSAL , tentang tulisannya mengenai Hoax sebuah foto wajah di pegunungan Machu Picchu. Apakah benar foto itu murni hasil jepretan? Berikut saya beri beberapa perbandingan dan hasil jelajah di Google Earth 3D. Keputusan tetap ditangan kalian, sebab saya tidak mendapatkan foto asli yang dikatakan mirip wajah tersebut.Silahkan klik pada gambar atau link untuk melihat lebih jelas.
Ini sebuah foto asli yang saya ambil dari Flickr, putar layar kompi ke kanan jika tidak ingin sakit leher atau klik saja linknya.

THE FACE?
Dan foto Todd Adams ini diberi pertanyaan "Do you see the face?"oleh para netter luar negeri.

Foto diatas kemungkinan besar menjadi acuan dari foto 'The Face" yang menjadi topik di mana mana. Dan jawaban saya, yes its similar but not look so smooth as below Sir. Banyak sekali perbedaan yang bisa kalian lihat.
"The Face"
Foto berikut diambil dari posisi yang hampir sama dengan gambar diatas, namun perbedaan ketinggian sudut pandang dikatakan sebagai efek pembentuk formasi wajah. Apakah benar begitu?
(klik pada gambar untuk ukuran 1600x1200)
Yang ini juga berbeda, gambar berikutnya dari Google Earth
Belum terlihat seperti wajah, tentu saja sebab dilihat dari atas.
Nah lihat versi 3D dari Google Earth yang ini.
Posisi tidak bisa pas seperti gambar "The Face", sebab jika saya bergeser ke kiri sedikit dan naik keatas beberapa meter maka saya akan berada dalam didalam tanah. Hmm lalu dari mana gambar itu didapatkan? Todd Adams mengambil foto dari "Sun Gate", saya harus mengambil dari sana juga.
Ini pula dari sisi selatan bukit,  tidak terlihat seperti The Face dan tentu saja saya harus fokus disisi tenggara.
Nah saya berhasil mendapatkan posisinya. Ini lebih baik berbanding gambar yang diatas. Coba kita sandingkan saja sekali lagi.
Wah masih terlalu rendah, hhmm namun jika diperhatikan latar gunung dibelakang yang terlihat di GE, maka saya akan melihat latar belakang gunung itu lebih jelas lagi jika menaikkan sudut pandang, tapi tidak demikian pada gambar "The Face".
Sedikit efek bayangan mungkin bisa lebih memperjelas
Apakah mirip wajah? saya rasa tidak. Namun bantu saya jika ternyata benar.

By Request (Inbox):
Akhirnya ada pembaca yang bertanya, adakah perbedaan signifikan dari The Face dengan foto foto lain selain formasi mata, hidung, bibir dan dagu dan kecerahan warna ?. Lihat gambar yang ditandai berikut ini. Cukup hitung Jumlah Petak di setiap gambar yang dilingkari tanda "B". Dan Tanda "A" untuk pembanding Posisi ditiap gambar.

 Hanya ada satu petak di tanda "B"
 Masih satu petak di tanda "B"
 Ini juga satu petak di tanda "B", hhmmmm
 Tapi The Face memiliki dua petak reruntuhan di tanda "B"
 Hanya satu petak di tanda "B"
Dan hanya satu petak di Google 3D.
Bagi kalian yang menemukan kutipan asal mula foto ini, pasti membaca jika awalnya foto ini adalah sebuah poster dinding yang di foto ulang. Bisa jadi itu benar, coba perhatikan langit sebelah kanan diatas pegunungan..lalukan pembesaran. Bukankah itu lekukan seperti pada poster kain?.Dan ini juga menjawab kenapa sulit sekali mendapatkan posisi pemotret di Google Earth 3D, sebab gambar sudah di crop sebelum di upload. Karena Poster ini hanya untuk kesenangan saja, maka tidak ada satu website resmi Pariwisata di Peru yang memakai The Face sebagai Promosi Pariwisata disana. Machu Picchu V

View more presentations from ctyler.

Komentar

  1. hahaha, menurut saya itu memang hasil editan,, pegunugan itu memang mirip wajah, kemudian si pengedit memperjelas gmbarnya sehingga mirip wajah. beginilah hasil imajinasi yang kuat, hehehe senyum siwajah terlalu bgus(kayak monalisa), juga matanya, digambar gunung lain ga ada. mav kalo salah, pendapat seorang awam ni

    BalasHapus
  2. Bisa 3D kayak gitu digimanain Om Haryadi. SUmpah keren sekali, terima kasih saya sangat terbantu. Kepercayaan diri saya timbul lagi

    BalasHapus
  3. @vhanz senyum di wajah "the face" terlalu bagus...bayangan di sekitar mata juga terlalu tebal...bahkan bayangan keseluruhan juga tidak alami.
    @andika: thx bro...sejak 2005 saya diperlihatkan gambar (bukan foto) ini dan diberi embel embel keajaiban keagamaan...padahal di gunung lain juga ada wajah sang Buddha yang lebih jelas dan alami..namun itu hanya persepsi kita memandangnya saja.

    Sebagian orang ingin memanfaatkan keadaan alam dan mencari keuntungan dari gambar yang tidak diketahui siapa pemotretnya...dan jika benar itu foto alami..tolong bantu saya mendapatkan link dan website resminya.

    BalasHapus
  4. Bagaimana melihat dengan posisi 3D seperti itu. Kalau GE saya 3D juga tapi hanya bisa dilihat dari atas, kecuali jika ada kamera disana, maka saya bisa melihat penampakkan daratan secara diagonal

    BalasHapus
  5. @Andika Caranya mudah bro...tekan tombol roda tengah mouse satu kali sampai terdengar suara klik...lalu tarik mundur untuk melihat horizon dan geser kanan kiri untuk lanscape.

    BalasHapus
  6. Thanks Om :D

    Mantap sekali informasinya. Ngomong2 Mbah Ware sudah beraksi di blog saya, bagaimanakah anda menanggapinya ;D

    BalasHapus
  7. @Andika Pareidolia itu bisa dikatakan sebagai "memiliki beberapa kemiripan namun tidak sama persis"...itu benar bro...

    Secara sekilas Face on Mars terlihat memiliki beberapa kemiripan dengan wajah manusia tapi tidak sama persis...
    Sebab jika cahaya datang dari sudut yang berbeda maka hasil tampilannya juga beda.
    Dan citra dari Mars itu tertangkap secara kebetulan.

    Pegunungan di Italy juga memiliki beberapa kemiripan dengan wajah seorang perempuan namun tidak sama persis..
    Untuk melihatnya kita harus mengatur posisi dahulu supaya hasilnya perfect.

    Dan..Puncak Machu Picchu juga memiliki beberapa kemiripan dengan formasi wajah manusia tapi tidak sama persis..itu benar..ada formasi mirip dahi, lekukan hidung, dan dagu.

    Nah yang jadi topik pencarian adalah..
    Apakah benar itu hasil jepretan? Dan dari situs mana gambar The Face itu di tampilkan pertama kali? Tentunya ada penjelasan dari sang fotografer ketika mengupload gambar itu.

    Untuk gambar "The Face" Pendapat saya sih itu bukan kebetulan..tapi justru dirancang sedemikian rupa agar tampak lebih realistis.

    Ujung2nya timbul lagi pertanyaan: Dimana original sourcenya?

    BalasHapus
  8. Andika: saya heran..kenapa saya tidak menemukan form komentar di versi mobile blog UNIVERSAL...

    Begini..jika saya balas komen dengan nick H.Be itu saya lakukan dari hp...jika nick KraKen itu dari laptop. Nah kalian masih bisa komentar di blog saya dari keduanya..

    Kamu modif sendiri mippinx bro?

    BalasHapus
  9. iya saya modif sendiri, entah mengapa ga,barnya juga kacau balau.

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. sorry, salah komen...delete aja mippin/universal-nya lalu create new, tapi jangan ganti account.Supaya kembali ke default.

    BalasHapus
  12. Spertinya memang terdapat perbedaan antara gambar the face dengan gambar yanganda tambahkan, apalagi warna fotonya bagi saya seperti ada yang "kurang" gitu, entah kontras atau cahayanya..
    Saya rasa efek paredoila itu hanya terjadi saat orang melihat gambar the face, sedangkan jika mereka melihat gambar dari foto flickr mungkin tidak akan melihat efek itu, karena setelah saya bandingkan, foto flickr jika diamati dengan seksama reliefnya sama dengan gambar the face

    BalasHapus
  13. Wah Mr. Haryadi keren! Saya tunggu ya gunung Raditya dika nya!

    BalasHapus
  14. @Vahn Saryu Memang benar sekilas foto Flick dan Todd Adams mirip The Face. Dan saya sudah menambahkan hasil analisa perbedaan pada reruntuhan dikedua gambar. Thx sudah visit bro.

    BalasHapus
  15. @PHENOMENA Terima kasih bro, waah sya tidak paham maksud gunung raditya dika nih..apa ya? :D

    BalasHapus
  16. Bener.. Mungkin bentuk asli emang uda menyerupai wajah,, tp d edit lg supaya lebih menyerupai.. Supaya lebih menarik pengunjung yg penasaran..

    BalasHapus
  17. bang bole tukeran link?. saya masih newbie. mohon bantuannya. http://riyeku.blogspot.com/. salam kenal.

    BalasHapus
  18. Yakin deh, dengan membandingkan smua gambar2 yg diperlihatkan, dibandingkan dgn gambar the face sendiri...
    saya secara pribadi mengatakan:
    "Itu Hoax!"

    BalasHapus
  19. @Riyeku Terima kasih, link kamu sudah saya pasang. Dan saya juga newbie :D

    BalasHapus
  20. bleh tkeran link ga ?

    http://thementalrealm.blogspot.com/

    link anda sdh sya psang d sna.

    BalasHapus
  21. @ Adam YP : Ok bro, link kamu segera saya pasang. Thx

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer