The Legend : Bahtera Nuh

Apa yang ditulis dan banyak di perdebatkan di forum internet dan blog tentang penemuan Bahtera Nuh sangat mengganggu tidur saya, sebab tahun 2009 tepatnya tanggal 25 desember saya juga pernah menulis kisah serupa di Catatan Facebook. Berharap ada teman teman yang punya referensi lebih memuaskan. Namun saya terlibat dalam penemuan yang di katakan hoax saja. Satu nama yang selalu muncul dalam Pencarian Bahtera Nuh adalah Ron Wyatt. Saya mulai tulisan ini dengan nama Ron Wyatt.

Siapa Ron Wyatt?
Website www.wyattmuseum.com menjadi acuan sumber pertama kali kisah ini beredar, Ron Wyatt di katakan sebagai orang yang memiliki website tersebut. Ah yang benar saja, saya malah membaca tulisan "My Friend Ron Wyatt" by Richard Rives. Walah, website ini saja ditulis oleh teman si Wyatt, bagaimana bisa netter menyebutkan ini website resmi situs Noah's Ark?.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------

THE OFFICIAL SOURCE OF ALL INFORMATION CONCERNING THE DISCOVERIES OF
 RON WYATT 
Presented by Richard Rives, 
President of Wyatt Archaeological Research and subject to the unanimous 
approval of the Board of Directors, 
Wyatt Archaeological Research.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Ini salinan tulisan di halaman muka website tersebut.


Lalu saya menelusuri mbah Google dengan kata kunci " Ron Wyatt biography " dan landing pada halaman Wikipedia. Disini saya mendapatkan data si Ron Wyatt;

Nama : Ronald Eldon Wyatt
Lahir  : 1933
Wafat : 4 Agustus 1999 di Memphis, Tennesee

Dikatakan dia mulai tertarik dengan Bahtera Nuh pada tahun 1960 ketika dia melihat sebuah gambar pada "Life Magazine" yang menampilkan gambar Durupinar Site. Dan dia menghabiskan 22 tahun untuk melakukan pencarian situs situs legenda dalam sebuah Kitab Suci.

Nah, saya menemukan frasa baru lagi yang mungkin bisa saya jadikan kata kunci berikutnya, Durupinar Site.

Durupinar Site

Saya Googling kembali menggunakan " Durupinar Site " sebagai kata kunci, hasilnya saya kembali mendarat di halaman Wikipedia. Asal nama Durupinar dari seorang Tentara Darat Turki berpangkat Kapten, yaitu Kapten Ilhan Durupinar, dialah orang yang pertama kali melihat Formasi Bahtera Nuh pada bulan Mei tahun 1948 , ketika itu terjadi hujan sangat lebat dan tiga kali gempa bumi melanda lokasi   dekat Gunung Dagi (Mount Dagi). Jadi  Bahtera Nuh tampak jelas terlihat ketika tersapu banjir saat itu.

Oke, saya sudah dapat nama lokasinya, jadi lebih baik saya terbang kesana saja supaya lebih mudah menjelaskannya.

Waduuuh, setelah saya cari data travel ke Turki, ternyata uang saya tidak cukup buat terbang ke lokasi (pede abiss). Hahahhahahaa....saya bercanda kok.

Saya menjelajah  Google Earth , kalian juga bisa telusur dengan Gmaps/Nokia Ovi Maps di hape/bb. 

Tidak sampai dua menit, saya sudah berada diatas "Durupinar Site", wow...Gambar diatas adalah lokasi yang di pajang di website Ron Wyatt , coba kita lihat lebih dekat.
Kiri atas ada formasi bebatuan yang di perkirakan  dudukan pertama Bahtera Nuh sebelum bergeser terbawa lumpur pada masa air bah surut. Dan di pojok kanan bawah adalah Noah Ark Visitor Center?. Jika benar ada Visitor Center disini, berarti situs ini masuk dalam website  Turkey Tourism Board. Tapi saya ingin lihat dulu foto foto disekitar Visitor Center ini
Masih kurang dekat, saya ingin baca tulisan itu lebih jelas.
Berhasil, dan tulisannya adalah www.anchorstone.com, Kalian bisa cek link tersebut dan melihat apa isinya. Situs Anchor Stone International, membahas semua hal hal mitologi dan legenda suatu agama, bahkan salah satu berita yang serupa disitu, pernah saya muat di blog ini. Berikut ini data datanya: 


Registrant:
   Anchor Stone International
   2239 Bethlehem Church Rd
   Floyd, Virginia 24091
   United States

   Domain Name: ANCHORSTONE.COM
      Created on: 08-Jan-98
      Expires on: 31-Jan-11
      Last Updated on: 21-Jan-10

   Administrative Contact:
      Bowen, Rose@anchorstone.com


Kembali ke topik,
Sekarang saya ingin menelusuri Turkey Tourism Board. Sama halnya di Negara Indonesia tercinta ini yang memiliki Candi Borobudur, seharusnya Pemerintah Turki akan memasukkan situs Bahtera Nuh di halaman websitenya. 
Perhatikan gambar lokasi menarik di atas tulisan East Anatolia, apakah itu ?

Mari kita lihat www.tourismturkey.org segala tempat tempat menarik dan lokasi lokasi yang bersejarah di Turki ada di situ. Karena posisi Bahtera Nuh berada  di Timur, maka saya mencari nama Agri sesuai dengan yang saya baca di Google Earth.
Ini dia, terlihat jelas Bahtera Nuh di gambar ini

Inilah data lokasi tersebut:


AGRI

AREA: 11.376 km²
POPULATION: 437.093 (1990)
TRAFFIC CODE: 04

DISTRICTS: Agri (center), Dogubeyazit, Diyadin, Eleskirt, Hamur, Patnos, Tasliçay, Tutak.

SITES OF INTEREST: Ishak Pasha Palace, Fish Lake (Balik Gölü), Sinek Plateaus, Mt. Agri , Mt. Tendürek , Meteor Cavity, Dogubeyazit Castle, Underground Church, Diyadin Hot Springs, Aznavurtepe (Urartu Hill).

Provincial Cultural Directorate

Tel: (472) 213 76 00-01
Fax: (472) 215 39 18

Historical Sites and Ruins

Ishakpasa Palace
Dogubayazit

Registered Immobile Cultural and Natural Heritages in Agri  

Sites
Archeological Sites: 7
Urban Sites: -
Natural Sites: 4
Historical Sites: -
Total: 11
Cultural (at Single Construction Scale) and Natural Heritages: 18
TOTAL: 29

Lihat penebalan huruf, dan ini penjelasan dari Wikipedia

1- Gunung Agri ,
Gunung Ararat (bahasa Armenia: Մասիս, Արարատ, Turki: Ağrı Dagi; Kurdi: Çiyayê Agirî; Persia: کوه آرارات Kuh-e Ararat) adalah sebuah Gunung berbentuk kerucut, merupakan gunung berapi aktif di Turki. Memiliki dua puncak: Greater Ararat (puncak tertinggi di Turki, dan seluruh dataran tinggi Armenia dengan ketinggian 5.137 m/16, 854 kaki) dan Lesser Ararat (dengan ketinggian 3.896 m/12, 782 ft).Diameter Ararat sekitar 40 km (25 mil) .

 2- Gunung Tendürek ,

Situs Durupinar adalah struktur agregat besar di Gunung Tendürek Turki timur. Situs ini terletak 3 kilometer (2 mil) sebelah utara perbatasan Iran, 16 km (10 mil) tenggara Dogubeyazit, di Provinsi Ağrı, sekitar 18 mil (29 km) selatan dari puncak Gunung Ararat, terhampar di ketinggian 6.449 kaki (1.966 m) ~ 6.575 kaki (2.004 m) [1] di atas permukaan laut.

Dua nama gunung yang berbeda namun berdekatan lokasinya. Sesuai dengan hasil penjelajahan Google Earth, Letak situs dimaksud ada di Gunung Tendurek Provinsi Agri, Sumber Wikipedia juga menuliskan hal yang sama. Begitu juga situs Anchor Stone dan Ron Wyatt Museum. Sekarang jelas sudah bahwa situs yang diperkirakan fossil Bahtera Nuh terdapat dalam tempat kunjungan Wisata Turkey Tourism Board. Namun apakah ini cukup bisa dikatakan Real? Oops tunggu dulu.

Kita lihat apa yang dikatakan Badan Warisan Dunia tentang ini, UNESCO tidak memasukkan Jembatan Adam sebagai salah satu situs warisan dunia. Saya tidak tahu kenapa, tapi pembuktian dengan Kisah dan Dongeng saja mungkin tidak cukup kuat untuk menjadikannya  salah satu situs warisan dunia. 

Melalui website UNESCO saya tidak menemukan catatan apapun tentang situs Noah Ark atau Situs Durupinar. Dan hasilnya sama dengan nasib Jembatan Adam. Meskipun kedua situs tersebut tidak terdaftar dalam tentative list mereka. Tapi kita tak pelu kecewa, bisa saja UNESCO hanya "belum" meneliti dan mengakui keabsahan situs tersebut. 

Tambahan dikit, bagi yang ingin liat situs di Google Earth , cukup masukan kata " durupinar site " nanti kalian akan tiba di lokasi. 

UPDATE : Sedikit ralat pada judul tulisan, saya membuat tulisan ini dalam draft awal yang saya batalkan dan saya lupa mengganti judulnya. Maaf sebelumnya.

Komentar

  1. Ooooohhh ngono toh critane mas.....

    sweety

    BalasHapus
  2. wah keren..

    sangat detail skali...

    i like this... ^_^

    BalasHapus
  3. jadi intinya kaya gitu toh...penjelasan yang sangat detail bro...

    BalasHapus
  4. Gila, Bisa dapat informasi sedetail gini

    MantaP

    BalasHapus
  5. @X-Zone Makasih bro, benar seperti itulah kejadiannya. Setiap negara berhak mendaftarkan situs cagar budayanya ke UNESCO, agar dilindungi dengan payung hukum yang kuat. India juga sudah berusaha mendaftarkan Jembatan Rama/Adam, Turki juga begitu.. dan masih banyak situs lain yang udah daftar tapi justru masuk dalam daftar Tentative.

    BalasHapus
  6. @Andika Makasih bro, oh ya kalian dapat Award dari saya, silahkan diambil ya.

    BalasHapus
  7. Saya gak ngerti sistemnya

    BalasHapus
  8. itu sistem yang membuat two way link antar blog sebenarnya, jadi gambar cukup disalin lalu copy tulisan, salin ulang link di tiap nama blogger( coba geser kursor ke nama blogger diatas,ada link tampil di kiri bawah layar kompi)itu udah jadi two way link antara saya dengan monsterilmiah) dan masukkan nama blok kamu dengan linknya di no 8..selanjutnya jika ada teman kmu yg mau nerima award ini, dia akan isi no 9. bgtu seterusnya hingga lengkap sepuluh orang. Pada saat org ke sebelas ikutan, maka blogger no 1 dihapus, no 2 naik ke no 1, orang ke 11 masuk ke no 10.

    hasilnya sebuah jaringan link back yang luar biasa. Bisa menaikkan page rank loh.

    BalasHapus
  9. Bro bisa ceritain banjirnya nabi nuh ga? Bukan perahunya, lokal atau global..Thanks

    BalasHapus
  10. @Anonim Wah,maaf...sepertinya perlu penelusuran yang panjang untuk mencari tahu kronologis Banjir Besar dimasa itu. Meski banyak pendapat mengatakan , saat itu hanyalah sebuah Tsunami Besar Lokal, namun sebagian lagi mengatakan benar benar Banjir Besar yang meratakan bumi dengan air laut.

    Kalau ada waktu nanti saya posting. Tapi mohon sabar ya.

    Terima kasih sudah landing di blog ini.

    BalasHapus
  11. kalo ga salah tsunami setengah permukaan daratan bumi..

    BalasHapus
  12. Hhahahahaha Makasi Infonya Mas
    Saya Udah Shere Di Facebook Saya
    Moga - Moga Makin Jayalah

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer