Minggu, 18 Juli 2010

Ditemukan Gua Fosil Marsupial di Outback

SYDNEY Juli 16, 2010, 5:24 ET
Para ilmuwan telah menemukan sebuah gua yang dipenuhi fosil berusia 15-juta tahun dari spesies Marsupial Prasejarah di Outback, penemuan langka yang telah mengungkapkan beberapa kesamaan yang mengejutkan antara makhluk ini dengan Kangguru modern dan Koala.

Para peneliti telah menggali fosil fosil  yang terawetkan dengan baik dari dalam gua , terdiri dari 26 tengkorak Marsupial, sejenis hewan Wombat yang telah punah bernama  Nimbadon lavarackorum, mirip fosil domba- namun agak aneh sebab berukuran raksasa dan memiliki cakar. Temuan diterbitkan minggu ini dalam Journal of Vertebrate Paleontology.

"Ini sangat menarik bagi kami," kata ahli paleontologi University of New South Wales Mike Archer, co-penulis artikel. "Memberi kita pemandangan melalui jendela ke Australia masa lalu,  kami tidak pernah meremehkan hal ini sebelumnya. Ini adalah sebuah wawasan tambahan pada beberapa hewan yang bisa muncul dalam imajinasi kalian."

Para peneliti telah menggali di dataran Riversleigh,di barat laut Queensland sejak tahun 1990 . Mereka menemukan tengkorak pertama  Nimbadon pada tahun 1993.

Bagaimana kesemua binatang binatang ini bisa berakhir di dasar gua masih menjadi misteri. Satu teori adalah  mereka tidak sengaja jatuh ke dalam gua melalui celah yang tertutupi oleh tumbuh tumbuhan , terjebak di dasar gua dan mati.

Tengkorak Nimbadon yang masih bayi , bahkan masih berada dalam kantong ibu mereka, yang memungkinkan bagi para peneliti untuk mempelajari bagaimana hewan ini berkembang biak. Tengkorak itu mengungkapkan bahwa tulang di depan wajah dapat tumbuh sangat cepat, yang memungkinkan bagi bayi untuk menyusui dari induknya pada usia sangat muda.

Temuan itu menggambarkan seekor bayi Nimbadon yang sangat mirip dengan fisik kangguru saat ini.

Nimbadon juga mungkin memiliki kesamaan dengan marsupial lain. Fosil makhluk ini memiliki cakar besar, yang mungkin telah digunakan untuk memanjat pohon - seperti koala memanjat pohon.

Penemuan fosil ini sangat signifikan, kata palaeontolog Liz Reed Flinders University di South Australia.

"To find a complete specimen like that and so many from an age range is quite unique," said Reed, who was not affiliated with the study. "It allows us to say something about behavior and growth and a whole bunch of things that we wouldn't normally be able to do." 

Terjemahan:.Cave Of Marsupial Fossils Discovered In Outback : NPR Australian Museum

4 komentar:

who i am mengatakan...

apakah ini bisa d sebut dinosaurus?

KraKen mengatakan...

tidak, tapi nenek moyang keluarga Koala dan Kangguru modern.

Andika mengatakan...

Kayaknya kata2 dijudul itu terbalik-balik heheehehe

KraKen mengatakan...

iya bro,.harusnya Ditemukan gua fosil Marsupial di Outback, bentar saya edit dah..hehhehee (maklum newbie..)

Poskan Komentar

Share