Kamis, 01 Juli 2010

112 Tahun Hilang,Kapal LR.Doty Akhirnya Ditemukan

LR Doty,Ditemukan Kembali
Kebanyakan orang Asia tidak mengenal kisah tragis ini, hilangnya kapal yang sedang berlayar selalu menyisakan misteri. Tapi LR.Doty berhasil ditemukan.Kali ini kejadian bukan dilaut, tapi di Danau Michigan.
Sekelompok Sejarawan Laut Wisconsin dan Tim Penyelam telah mengumumkan penemuan kapal uap yang telah lama hilang LR Doty, lenyap dalam badai besar di Danau Michigan 112 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 25 Oktober 1898.

LR.Doty adalah kapal kayu terbesar yang hilang di Danau Michigan, dengan panjang keseluruhan 300 kaki Kapal saat itu berlayar dari Chicago Selatan ke Midland, Ontario dengan muatan jagung.
Kapal bertiang empat Olive Jeanette sedang menariknya dibelakang ketika ia dihantam badai besar beberapa mil di Utara Milwaukee. Gelombang dilaporkan mencapai 30 kaki, dengan angin 70 mph (mil per jam), Olive Jeanette rusak berat tapi selamat dari amukan badai. 

Namun tidak bagi LR.Doty, ia tidak pernah terlihat lagi. Pada 16 Juni 2010 sekelompok penjelajah laut yang dipimpin oleh sejarawan Brendon Baillod dan kapten Jitka Hanakova merelokasi situs tenggelamnya LR.Doty, yang pada 1991 pernah tersangkut oleh tarikan jaring kapal ikan komersial. 

Hasil penyelidikan oleh kapten lokal Jerry Guyer , lokasi temuannya hampir 20 kilometer dari Oak Creek,Milwaukee. Dikerahkan satu tim penyelam ke lokasi dikedalaman lebih dari 300 kaki untuk mem-filmkan keseluruhan bangkai kapal ini. Ahli Sejarah Kelautan dan Peter Brendon Baillod  memantau semuanya dari atas kapal. Rekaman video menunjukkan bahwa kapal itu benar LR.Doty. Lengkap dengan sisa-sisa muatan jagung didalam ruang kargo-nya. Terlestarikan dengan alami oleh dinginnya air danau di kedalaman yang ekstrem.

Historis Kapal

LR.Doty dibangun tahun 1893 di West Bay City, Michigan oleh FW Wheeler & Co untuk Perushaan Cuyahoga Transit Cleveland, Ohio dengan nomor lambung 97. Dia diberi nama oleh Mr Lucius Ramsey Doty, manajer umum dari Perusahaan Transit Cuyahoga , dan merupakan salah satu kapal kayu bermesin uap terakhir yang berlayar di danau raksasa ini, ketikan besi baja yang dengan cepat menggantikan kayu untuk dibuat kapal curah berukuran besar. 

LR.Doty adalah salah satu dari enam kapal kembar yang hampir  identik, termasuk kapal uap William F. Sauber, CF Bielman, Tampa, IOSCO dan Uganda. Dibangun dari kayu oak(ek) putih dengan panjang lambung 291 kaki, lebar 41 kaki dan kedalaman 19,8 kaki, dengan kapasitas 2056,34 ton (GT). 

Memiliki sembilan palka dan dibangun dengan tiang depan yang tinggi, di mana kapal bisa menggunakan layar jika diperlukan. LR.Doty dibangun dengan lengkungan baja tertanam di sisi lambung nya untuk memberikan stabilitas tambahan yang diperlukan untuk lambung kapal kayu seukurannya. Diluncurkan pada Mei 1893 dan terdaftar di Cleveland, Pabean Ohio pada 5 Juni 1893 dengan  nomor Pendaftaran 141.272.

Sebuah lukisan oleh Edward Dowling J.

LR.Doty digerakkan oleh tenaga uap, sebuah silinder mesin uap ekspansi triple tiga dibangun oleh Frontier Iron Works dari Detroit, Michigan yang dapat menghasilkan 1000 tenaga kuda pada 74 rpm, dengan silinder 20, 32,5 dan 55 inci, masing-masing dengan 42 inci stroke. 

Dilengkapi dengan dua boiler Scotch dari 11,75 ft x 12 yang dibangun oleh Wickes Bros dari Saginaw, Michigan dengan tekanan uap 167 psi. Memiliki sistem listrik tenaga uap untuk menggerakkan derek di dek, tapi tidak memiliki lampu listrik maupun komunikasi nirkabel, yang tidak umum digunakan di danau hingga 10 tahun kedepan.

Setelah selesai pengukuran fisik , kapal seharga $ 125.0000 ini diperiksa oleh Lloyd Inland dengan Lambung Klas A1 *, peringkat tertinggi untuk sebuah kapal danau. Otomatis memenuhi syarat untuk mengangkut muatan apapun di Danau, termasuk bijih besi, gandum dan batu bara. 

LR.Doty segera bergabung dimasa perdagangan bijih besi dan batu bara pada tahun 1893 dan mulai melakukan perjalanan dari Duluth, Minnesota, Superior, Wisconsin, Marquette, Michigan dan Escanaba, Michigan ke Cleveland, Ohio dengan muatan bijih besi. Dalam pelayarannya, kapal selalu ditarik oleh Olive Jeanette, sebuah kapal tongkang Schooner sepanjang 242 kaki bertiang empat. Kedua kapal ini beriringan membawa batubara selama perjalanan . Jika tidak membawa bijih besi, keduanya akan membawa muatan gandum ke pelabuhan berbagai di sekitar danau.

BADAI

LR.Doty berlayar pada zaman Radar Cuaca belum ditemukan dan Berita Cuaca belum dikenal. Ketika musibah itu terjadi, cuaca sangat ekstrim, kapal tetap harus berlayar karena batu bara dibutuhkan untuk musim dingin dan musim gugur, gabah hasil panen juga harus diantar supaya bisa cepat diproses. 

Akibatnya, kapal sering berlayar dalam kondisi yang kurang ideal. LR.Doty berhasil melewati banyak badai di danau . Badai hebat yang menyebabkan kecelakaan kapal relatif bisa terjadi kapan saja. 

LR.Doty berlayar keluar dari Chicago Selatan pada sore hari Senin, Oktober 24, 1898. Bermuatan penuh 107.000 karung jagung dikirim oleh Counselman & Co Setelah membongkar muatan, LR.Doty dan Jeanette  melanjutkan perjalanan ke Danau untuk mengangkut bijih besi ke Cleveland.

Rancang Bangun Kapal LR.Doty

Wisconsin's Lost Ships oleh Brendon Baillod.

Olive Jeanette

Rencananya dari Danau Michigan kapal akan ke Selat Mackinac, kemudian ke Danau Huron dan ke Midland, Ontario, di mana LR Doty dan Olive Jeanette akan membongkar jagung. Keduanya meninggalkan pelabuhan dalam cuaca yang bagus dan berlayar menuju pantai Wisconsin. 

Kira kira jam 1:00 pada hari Selasa, ketika bertolak dari Milwaukee, angin mulai berhembus kencang dari timur laut dan lautan mulai berombak tinggi, jam 4:00 salju dan hujan es mulai mengaburkan jarak pandang. 

Gelombang  mencapai tinggi lebih dari 20 kaki pada jam 5 sore ketika keduanya berada beberapa mil sebelah utara Milwaukee. Ribut badai masih berlangsung, ketika tali gandeng antara kedua kapal putus. Kapten DB Cadotte dari Olive Jeanette melaporkan bahwa LR.Doty terus berlayar menuju ke utara dan segera hilang dari pandangan, sedangkan kru Olive Jeanette bergegas untuk menaikkan layar.
Milwaukee Sentinel - 26 Oktober 1898
BADAI TERBURUK 
Badai Oktober 1898 adalah salah satu badai yang paling buruk selama 30 tahun terakhir. Di Milwaukee, banyak kapal tongkang Barbarian terseret menghantam dinding pemecah ombak dan hancur . Semua kapal yang melintas didanau rusak berat dan  banyak nyawa hilang. Badai bahkan merusak batu pemecah ombak Milwaukee dan menghancurkan boardwalk Chicago.
Chicago Tribune - 26 Oktober 1898
Olive Jeanette yang terpisah mengalami cobaan berat yang paling mengerikan dalam sejarah, terapung-apung sebelum diselamatkan tim dari Chicago. Para kru tidak tidur dan makanan selama tiga hari sementara mereka harus berjuang melawan dingin dan badai. 

Setelah berjam-jam gelombang memukul kapal didekat Racine Harbor , rantai kemudi putus dan kapal oleng dimainkan gelombang. Ombak menjulang tinggi merobek anjungan kapal lalu melemparkan semua isi kapal kelaut. 

Tiang kapal sudah patah dan layar rusak parah. Para kru selamat dengan mengikat diri mereka pada benda apapun yang tersisa. Kapal akhirnya ditolong setelah tiga hari terombang-ambing di laut dingin.

Perlu perbaikan total supaya kapal bisa digunakan kembali. Sayangnya, Olive Jeanette hilang tujuh tahun kemudian dalam badai besar tahun 1905 di danau besar ini . Ketika itu ia ditarik oleh kapal kembaran LR.Doty, yaitu IOSCO, Olive Jeanette hilang di Kepulauan Huron. Rongsokannya Olive Jeanette ditemukan tergeletak 300 kaki dibawah air , 8 mil dari Kepulauan Huron pada tahun 1990-an. Namun IOSCO masih hilang kini.
Foto milik C. Patrick Labadie Koleksi - Thunder Bay Laut Nasional Sanctuary

Tidak ada yang mendengar kabar tentang nasib LR.Doty hingga disuatu pagi, hari Kamis tanggal 26 kapal tunda Prodigy menemukan puing puing mengambang sekitar 25 kilometer dari Kenosha. 

Puing terdiri dari sejumlah besar kayu trim kapal, sebuah stempost, pintu kabin, penutup palka dan kepingan bearing berwarna coklat milik LR.Doty. Para pelaut terkejut mengetahui telah menemukan Doty, secara keseluruhan, 17 orang hilang berama tenggelamnya LR.Doty:

DAFTAR KRU :
  1. Kapten Christopher Smith dari Port Huron, MI 
  2. Henry Sharp Mualim Satu asal Detroit 
  3. WJ Bossie, Mualim Dua asal Detroit 
  4. Thomas Abernathie, Kepala Kamar Mesin dari Port Huron 
  5. CW Odette, Masini Dua 
  6. George Wadkin, Juru Minyak 
  7. L. Goss, Steward Bay City, MI 
  8. WJ Scott, Juru Masak 
  9. Charles Bornie, Watchman 
  10. Peter G. Peterson, pemegang kemudi 
  11. Albert Nelson, Asisten pemegang kemudi 
  12. Joseph Fitzsimmons, fireman 
  13. J. Howe, kelasi 
  14. F. Parmuth, kelasi 
  15. C. Curtis, kelasi 
  16. William Ebert, kelasi 
  17. Pat Ryan, kelasi 
  18. Dua ekor kucing, Kwek dan Watson

Para pelaut menyimpulkan bahwa saat kejadian badai, LR.Doty bernasib sama dengan Olive Jeanette (rantai kemudi putus dan oleng ditelan gelombang).

Sempat berusaha kembali ke posisi Olive Jeanette, Doty harus membuat sudut manuver yang lebar yang justru memudahkan lambung kapalnya dihantam ombak dan tenggelam.

Beberapa kapal lainnya yang sama sama terkena badai antara lain Kenosha dan Sheboygan tidak ada yang melihat LR.Doty lagi, meskipun mereka melihat Olive Jeanette. Hal ini menunjukkan bahwa Doty tenggelam dalam beberapa jam setelah terpisah dari Olive Jeanette. Doty ditemukan dengan haluan ke barat laut yang membuktikan bahwa dia berusaha manuver untuk kembali menolong Olive Jeanette.

Analisis ini menunjukkan bahwa sebenarnya LR.Doty tenggelam di suatu tempat dari Milwaukee. Didasarkan pada kenyataan bahwa kapal  terakhir terlihat beberapa mil di Utara Milwaukee dan puing-nya tidak terlihat sampai 40 jam setelah dia terakhir terlihat,ini waktu yang cukup lama untuk puing puing hanyut lebih jauh.

Tetapi dalam analisis akhir, penyebab dan lokasi Doty tetap misteri.

Penemuan



Tahun 1960-an, adalah awal untuk menemukan lokasi kapal di Danau , didorong oleh munculnya olah raga scuba diving, banyak penyelam mulai mencari bangkai kapal dengan peralatan Radar. 

Sepanjang tahun 1970-an, 80-an dan 90-an, kadang-kadang rumor penemuan LR.Doty beredar. Ada yang menulis Doty ditemukan di perairan dangkal Kenosha, Namun setelah diteliti,rongsokan itu hanya sebuah bangkai kapal tongkang modern.

Dan pada bulan Mei 2010, tepatnya tanggal 16 Juni 2010 sebuah tim melakukan pencarian di sekitar kawasan TDS Loran 1991. Dia akhirnya menemukan lokasi situs LR.Doty dan mencatat data akurat posisinya berdasarkan LAT / LON (garis lintang  dan bujur) dengan alat GPS.

Kiri ke Kanan: Janzen John, Valuch Lubo, Scoles John, Xelowski Tracy, Jitka Hanakova, Benson Ron 
Foto oleh Peter Skotlandia


LR.Doty dilindungi oleh hukum Wisconsin sebagai wrecksite bersejarah milik publik. 



Referensi: 

  • Baillod, Brendon -  Buku Fathoms Deep But Not Forgotten.Wisconsin's Lost Ship 
  • Oleszewski, Wes - Stormy Seas 
  • Herman G. Runge Kapal File - Perpustakaan Milwaukee 
  • Koleksi Bersejarah Great Lakes di Bowling Green State University 
  • Wisconsin Koleksi Museum Maritim, Manitowoc, Wisconsin 
  • Milwaukee Sentinel 25 Oktober 1898 - 29 Oktober 1898 
  • Chicago Tribune - 25 Oktober 1898 - 29 Oktober 1898 
  • Lloyds Inland Daftar Hull 1893 - 1898 
  • Sertifikat Pendaftaran untuk kapal LR Doty, Cleveland Bea House - Arsip Nasional 
  • Greenwood, John O. - The Histories Armada, Vol. 6 
  • Devendorf, John. - Danau Besar Bulk Carriers 
  • Direktori Kelautan Beesons 1888 - 1921 
  • American Blue Book Shipping 1896 - 1913 
Ship-wreck.com

2 komentar:

Verisky's Blog mengatakan...

Akhirnya ditemukan...

KraKen mengatakan...

thx for visit Verisky's....i'll visit back soon

Posting Komentar

Share