Rabu, 30 Juni 2010

Wahana Kepler Menemukan Ratusan Planet Asing

Ratusan Planet Asing ditemukan Kepler

Kepler Observatory di Ruang Angkasa

NASA:Kepler wahana antariksa yang mengekplorasi ruang angkasa untuk mencari keberadaan planet mirip bumi dengan mengelilingi gugusan bintang lain telah berhasil menemukan 706 sinyal dari planet yang berpotensi memiliki kehidupan asing, sementara itu ada lebih dari 156.000 bintang tersusun dalam  satu petak langit.
Jika 706 benda-benda asing ini lulus uji tindak lanjut penelitian untuk menentukan apakah mereka benar-benar planet, dan bukan sebuah sinyal palsu, jumlah ini hampir tiga kali lipat dari jumlah planet diluar tata surya yang kita kenal. Planet planet ini diumumkan minggu ini dari misi 43 hari pertama oleh tim sains NASA,yaitu hasil jelajah Wahana Kepler.
TrES-4
Planet teraneh yang pernah ditemukan dan seharusnya tidak mungkin ada secara toritis, TrES-4 memiliki ukuran 1.7 kali planet Jupiter memiliki tingkat kepadatan yang sangat rendah. Berjarak 1.400 tahun cahaya dari bumi, planet ini mengelilingi mataharinya hanya 3.5 hari saja.

Teropong Observasi Kepler memonitor bintang-bintang yang mengalami perubahan halus pada warna kecerahan mereka, yang dapat mengindikasikan adanya planet asing melintas di depan mereka(bintang) seperti yang terlihat dari Bumi. Pakar Astronom akan menggunakan data yang baru dirilis dari Kepler untuk menentukan apakah planet yang mengorbit bertanggung jawab untuk variasi dalam kecerahan bagi beberapa ratus bintang lainnya.

Dengan mengukur penurunan kecil dalam kecerahan bintang saat planet melintas - atau transit - di depan mereka, maka para astronom dapat menentukan berapa besar ukuran planet itu. [ Planet-planet asing .]
51-Pegasi b
Diantara sekian banyak planet luar yang telah ditemukan, ada satu planet vulkanik super, dan planet yang memiliki beberapa sunset saat matahari terbenam. Planet pertama diluar tata surya kita adalah 51-Pegasi b,ditemukan tahun 1995.
Gliese 581 e
Ini Gliese 581 e, planet yang kondisinya sangat mirip dengan bumi.Bintang-nya hanya memiliki 4 planet saja, dan Gliese 581 e salah adalah planet terkecil dan teringan saat ini, massa planet ini hany 1.9 kali massa bumi.Sisa planet lainnya berukuran 6 hingga 16 kali massa bumi.

Sampai saat ini, para astronom telah menemukan lebih dari 400 planet asing bersembunyi di luar tata surya kita. Itu termasuk enam planet yang baru ditemukan ditemukan oleh observatorium Perancis yang diumumkan awal pekan ini.
Epsilon Eridani
Epsilon Eridani, planet oranye yang mengorbit pada bintang mirip matahari hanya berjarak 10.5 tahun cahaya dan sangat dekat dengan bumi hingga teleskop pun bisa mengabadikan gambarnya. Epsilon Eridani yang indah ini terlalu jauh dari mataharinya, jadi tipis kemungkinan adanya air dan kehidupan dengan jarak sejauh itu.
Hamparan Bintang Induk

Kepler saat ini memantau gugusan tebaran bintang di konstelasi Cygnus dan Lyra. Bintang-bintang membuat membuat serangkaian pancaran temperatur. Banyak dari mereka yang stabil, tetapi yang lain berdenyut perlahan.

Beberapa Bintang menunjukkan starspots , yang mirip dengan bintik matahari, dan beberapa bahkan menghasilkan flare yang sangat kuat mereka menghancurkan planet terdekat dengan mereka.

Kepler telah mengidentifikasi 706 calon planet, dimana data untuk 306 calon planet ini telah dipublikasikan minggu ini.

28 anggota tim sains Kepler menggunakan teleskop berbasis tanah di bumi, Teleskop luar angkasa Hubble dan Spitzer Space Telescope untuk melakukan tindak lanjut pengamatan pada seperangkat spesifik dari 400 benda-benda yang tidak dirilis ke publik untuk memeriksa jika mereka juga kandidat yang sesuai untuk disebut sebagai planet asing.

Data dari tindak lanjut pengamatan akan ditentukan apakah objek dapat diidentifikasi sebagai planet atau bukan. Temuan ini kemudian akan dirilis ke komunitas ilmiah pada Februari 2011.

Mencari Potensi Planet Ganda

Tindak lanjut yang diperlukan observasi untuk membedakan kandidat planet yang sebenarnya dari laporan sinyal yang salah, seperti bintang biner , yaitu dua bintang yang mengorbit satu sama lain.
HD188753
Ingat Planet Tatooine di Film Star Wars yang memiliki 2 matahari, Tatooine adalah planet asal Sky Walker. Gambar diatas adalah Triple Star System bernama HD188753 berjarak 149 tahun cahaya dari bumi, planet disekitarnya kemungkinan sangat panas. Orbit penuh hanya 3.5 hari.

"Untuk menarik obyek yang paling dekat, kita akan memproses dengan menempatkan data melewati beberapa seleksi," Sobeck, Manajer Kepler , mengatakan ,"Untuk calon akhir yang telah lulus semua tes, kita kemudian akan menggunakan Hubble dan Spitzer untuk penelitian lebih lanjut."

Ukuran calon planet juga hanya bisa perkirakan besarnya saat mereka mengorbit pada bintang, untuk itu calon planet ini akan diamati juga oleh spektroskopi tambahan yang berbasis dibumi.
XO-3b
XO-3b , sebuah planet yang berotasi mundur! tidak seperti biasanya. Planet planet yang diamati selalunya bergerak sesuai dengan garis khatulistiwa bintang induk mereka. Tapi orbit X0-3b memiliki kemiringan 37 derajat dari equator bintangnya.

"Saya berharap, komunitas ilmiah bisa menganalisis data dan mengumumkan hasil planet baru dalam beberapa bulan mendatang," kata Lia LaPiana, program eksekutif Kepler di Markas NASA di Washington, DC, dalam sebuah pernyataan.

Pencarian berlanjut

Observatorium Kepler akan terus melakukan operasi sampai setidaknya bulan November 2012. Pencarian keberadaan planet mirip bumi akan berlanjut, termasuk yang mengorbit bintang-bintang di ditinggalkan, zona hangat di mana air cair dapat eksis di permukaan planet asing.

Dan, karena transit planet dalam zona ini dihuni bintang seperti matahari dan terjadi hanya setahun sekali maka kita membutuhkan tiga transit untuk verifikasi, dibutuhkan paling tidak tiga tahun untuk mencari dan memastikan setiap planet potensial yang mirip seperti Bumi.
Planet termuda yang ditemukan, berusia 1 juta tahun di orbit Coku Tau 4, berjarak 420 tahun cahaya. terlahir dari lubang piringan besar seukuran 10 kali orbit bumi-matahari .

"Hasil pengamatan Kepler akan memberitahu kita apakah ada banyak bintang dengan planet yang mendukung kehidupan disana, atau apakah mungkin kita sendirian di galaksi kita," kata ilmu pokok Kepler penyidik William Borucki NASA Ames Research Center.

Sejauh ini,'s pengamatan Kepler telah menghasilkan banyak informasi, dan misinya telah melampaui harapan para ilmuwan , kata Borucki.
Dengan Suhu -364 derajat Fahrenheit atau setara -220 derajat Celcius ,planet luar ini dikenal sebagai OGLE -2005-BLG-390 L b.

Memiliki massa 55 kali bumi dan sepertinya planet batuan padat.Mengorbit pada bintang kerdil merah sejauh 28.000 tahun cahaya. Dan merupakan Planet diluar tata surya terjauh untuk saat ini.

"Kami tidak pernah berpikir akan mendapatkan semua ini lebih awal, ini benar-benar hebat," kata Borucki SPACE.com. "Instrumen yang bekerja dengan baik, tapi kami masih memiliki beberapa pekerjaan yang harus dilakukan,. Kami jelas tidak selesai begitu saja dengan pekerjaan semacam ini dan setiap tahun, tantangan akan bertambah sulit, jadi kita harus bersabar."

Apakah kita sendirian di jagat raya ini??sepertinya tidak lama lagi kita akan menemukan jawabannya.
SPACE. exoplanets

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share