Kamis, 24 Juni 2010

Monolith Phobos dan Mars

Mars Monolith

Seperti pada kisah imajinasi karya Arthur C.Clarke, tentang monolith milik alien yang bisa mengontrol pikiran manusia, monolith di Phobos sang bulan planet Mars ini menimbulkan berbagai pertanyaan yang belum terpecahkan. Phobos dalam bahasa latin yang artinya "Takut" alias Fear.


Foto lain yang terkenal adalah "wajah di Cydonia" Mars dan Monolith di Phobos (Bulan pada Planet Mars) semuanya masih belum terjawab, benda apakah itu. Meskipun menurut saya , wajah di area Cydonia itu hanya sebuah gundukan meteor yang jatuh.

Phobos Monolith


Face on Mars

Masih kurang jelas? nah lihat foto berikut.


Nah ada satu lagi bentuk mirip pyramid,..hmm sepertinya orang orang Amerika selalu mengait2kan apapun yang terlihat unik dengan hal hal berbau Alien

Mars Monolith

Padahal belakangan diketahui bahwa efek bayangan dan resoluai kamera lah yang menyebabkan foto terlihat seperti wajah misterius. Wajah di Mars bukan lagi misteri.


Namun Monolith di bulan Phobos masih belum terpecahkan,  bahkan hasil dari wahana angkasa yang sudah berulang kali mengambil gambar permukaan Phobos merasa bahwa Phobos terbentuk dari materi seperti gabus atau sponge, sebab citra satelite dan hasil foto yang dikirim selalu berubah ubah meski difoto melewati orbit yang sama. Jadi kemungkinannya Phobos tidak berstruktur Padat seperti bulan dan menyebabkan Phobos memiliki Orbit yang tidak normal.

Foto Monolith Phobos ditemukan oleh Efrain Palermo, yang mempelajari foto foto Mars ketika dikirim ke bumi.



Inilah Bulan Planet Mars yang bernama Phobos


Ada dua satelite  yang mengamati bulan ini, yang pertama Phobos 1,kehabisan tenaga pendorong karena kesalahan sistem, dan satu Phobos 2,lagi berhasil mendekat ke permukaan, tapi sebuah objek menabraknya dengan kecepatan tinggi. Foto objek tak dikenal berbentuk piring sempat terekam sebelum wahana hancur. Foto lainnya menunjukkan bentuk benda datar memanjang dalam ukuran yang luar biasa.

Kanada dan Amerika berencana meluncurkan wahana antariksa untuk meneliti Bulan yang berbentuk seperti kentang ini



Ada beberapa kemungkinan tentang Monolith ini:
1- Peninggalan penghuni Phobos masa purba
2- Hanya potongan meteor yang menancap dipermukaan Phobos
3- Asteroid yang jatuh dalam posisi berdiri tegak, tertancap tentunya.
4- Peninggalan Mahluk Pintar yang pernah mendarat di Phobos.

Bagaimana menurut kalian??
Mars Monolith Remains a Mystery,wikipedia

4 komentar:

kakve_santi mengatakan...

kok banyak yang gak tau ya..?

KraKen mengatakan...

Tidak semua berita tentang Astronomi yang berkaitan dengan benda misterius suka dibahas blogger, tapi sangat banyak hal hal menarik disebalik itu.

Terima kasih atas kunjungannya ya

Vahn Saryu mengatakan...

Salam kenal bro, link anda sudah saya pasang di blogroll saya

KraKen mengatakan...

Wah makasih atas kunjungannya juragan,..salam kenal kembali...terima kasih untuk blogrollnya.

Posting Komentar

Share