Senin, 21 Juni 2010

Kisah Marathon Terjadi Pada Bulan Agustus Bukan September

Pakar Astronomi Merevisi Tanggal Pertarungan Yunani Kuno
Marathon terjadi pada Bulan Agustus.



Kalian tau asal muasal olahraga Lari Marathon??

Nah kali ini saya menuliskan revisi tentang awal terjadinya Pertempuran Zaman Yunani Kuno yang menyebabkan kita harus mengikuti lari Marathon sampai hari ini,...its unik

Sebuah Tim Pakar Astronomi menganalisa catatan bulan pertempuran di Marathon Bay terjadi bukan pada tanggal 12 September 490 SM, tapi justeru satu bulan sebelumnya, yaitu Agustus.

Pentingkah ini ditulis?

Seberapa penting masalah ini bagi seorang pelari profesional dimasa itu??, ini masalah hidup dan mati!!



Herodotus sejarawan Yunani, Plutarch dan lainnya menyebutkan Pheidippides berlari sejauh 26mil (46 kilometer) kembali ke Athena untuk mengumumkan bahwa mereka telah mengalahkan Pasukan Persia di Marathon Bay dan memperingatkan akan  datangnya serangan dari laut oleh musuh,  lalu dia jatuh dan tewas!



Berlari pada bulan Agustus tampaknya lebih masuk akal dan menyebabkan ia jatuh dan tewas, kata Pakar Fisika Russel Doescher, yang mana ia bekerja dalam tim yang dipimpin Donald Oslon dan koleganya Marilynn Olson di Texas University , San Marcos.

Suhu udara di Bulan Agustus mencapai 102 F, setara dengan 38 Celcius disepanjang rute Marathon, yang bisa menyebabkan kelelahan berlebihan atau serangan hawa panas meskipun pada atlit terhandal . Suhu rata rata rute itu pada pertengahan September sekitar 83 F setara 28 Celcius, saat para pelari amatir berhasil menyelesaikan Marathon tanpa efek yang fatal.



"Karena peristiwa itu terjadi begitu lama sekali, banyak peneliti kebingungan dan berdebat tentang kapan sebenarnya peristiwa Marathon itu terjadi" kata Doescher.

Penelitian diadakan pada Olympiade 2004 di trek Lari Marathon paling favorit yang saat itu Lari dimulai jam 06:00 sore waktu setempat tanggal 29 Agustus.

Pelacakan Bulan:

Menurut Olson, sejarawan Yunani Herodotus memberikan deskripsi yang tepat untuk fase bulan dalam laporannya mengenai pertempuran masa itu.

Namun para peneliti saat ini percaya bahwa tanggal 12 September awalnya ditetapkannya peristiwa Marathon oleh ilmuwan Jerman, Agustus Boeckh di abad 19 : mengacu pada Kalender Bulan Athena, dan mengabaikan Sparta yang berada didekatnya.

Olson mengatakan, peristiwa Marathon yang berakhir dengan fatal sangat tergantung dengan catatan perjalanan sebelumnya milik Pheidippides, yaitu ketika pemimpin kota Athena mengirim utusan ke Sparta - berjarak 150mil (241 Kilometer) untuk memohon bantuan agar membantu mempertahankan Yunani. Spartan pun berjanji akan membantu, meskipun tentara mereka tidak dapat diberangkatkan sampai bulan purnama berikutnya hingga enam hari sebelum festival keagamaan.

Herodotus
   
Boeckh mengasumsikan peristiwa keagamaan itu adalah  Perayaan Karneia yang dirayakan pada Bulan Kalender Spartan Karneios, karena pada saat festival berlangsung dilarang berperang selama seminggu, ia lalu melompat ke Kalender Athena menghubungkan keduanya dan menentukan tanggal September. Maka didapatlah tanggal 12 September.

Namun analisis Olson berbeda, seharusnya hal itu (Perayaan Karneia) sudah selesai dilakukan pada bulan Kalender Spartan, -- yang memang mirip dengan kalender berbasis bulan milik Athena -- tepatnya awal tahun dibulan pertama setelah setelah equinox musim gugur. Tapi kenyataannya ada 10 bulan saja, bukan 9 bulan yang memisahkan jatuhnya equinox musim gugur 491 SM dan titik balik matahari musim panas pada tahun 490 SM, ini menyebabkan kalender bulan Spartan berjalan lebih cepat dari kalender bulan milik Athena. Dan jelaslah bahwa pertempuran Yunani vs Persia terjadi pada Bulan Agustus,dimana Marathon Bay menjadi saksi Lari Marathon saat itu.

sumber:msnbc

2 komentar:

Richard Rondonuwu mengatakan...

TYrips here, for the first time!!!

Keren tulisannya, bro..,
btw, Legenda ini juga ya yang menginspirasi lari marathon sebelum dimulainya Helatan akbar Olimpiade??
'cuma karna' waktu aja sampe jadi perdebatan para ahli ya?!
hahaha
Tapi udah menyangkut kepercayaan sih ya, jadi semuanya harus clear dan gak ada kesalahan sekecil apapun..,

KraKen mengatakan...

wah makasih atas kunjungannya TYrips,...saya akan berkunjung balik segera,..

Benar, inilah inspirasi Lari Marathon yang terkenal saat Olimpiade..

Poskan Komentar

Share