Senin, 28 Juni 2010

Cyclops, Mitos atau Legenda


Sebuah Legenda ?

Pada bulan Februari 2002, sebuah koran The Philipine Star melaporkan, bahwa penduduk pedalaman Bohol, Bukidnon dan Agusan dibingungkan dengan penemuan tengkorak bermata satu di bukit kapur wilayah itu.


Lokasi tepatnya di Gunung Palaupau ,Sumilao juga di Bukidnon dan beberapa gua di Agusan,Philipina. Dalam cerita rakyat setempat, dahulu ada mahluk bermata satu yang menjelajah pulau Mindanao tengah dan  utara , yang mereka sebut "Agyo".Mereka mengatakan, pada jaman dahulu yang pertama kali melakukan perlawanan terhadap pendudukan Spanyol di pulau itu adalah Agyo.
Bahkan suku Bukidnon menjaga tengkorak bermata satu ini disebuah tempat ibadah mereka di gua gua.

Berita penemuan ini menarik minat pihak Museum Nasional Philipina untuk meneliti, dan mereka melakukan penggalian dilokasi yang disebutkan. Hasilnya mereka memang menemukan rahang bawah, gigi dan mahkota  tengkorak yang memiliki satu lubang di dahi, yang diyakini sebagai Agyo atau Cyclops.

Apakah hanya Mitos?

Kembali pada pemberitaan media masa, kali ini CNN pada bulan Januari tahun 2003 memberitakan :
Para arkeolog yang melakukan penggalian di Crete Island Yunani menemukan fosil rumpun Deinotherium Gigantism, tengkorak mahluk bermata satu yang diindikasikan sebagai Cyclops.

lalu mana yang benar?

Pertama saya melacak nama nama seperti Gunung Palaupau, Bukidnon dan Agusan yang memang benar berada di Philipina.

Lalu saya menelusuri Museum Nasional Philipina ,namun gagal menemukan data tengkorak bermata satu dimaksud, juga tidak berhasil saya temukan dalam arsip The Star Philipine, yang menurut rumour pernah melaporkan temuan itu pada tahun 2002. 

Pada tahun itu memang ada penggalian arkeologi dan artefak tapi di Gua Tabon, Quezon. mereka menemukan sepotong mahkota tengkorak dari seorang wanita yang ditaksir berusia 2000 tahun. Namun hasil penelitian lanjut masa kini membuktikan bahwa mahkota tengkorak itu berusia 16.000 tahun, rahang berusia 13.000 tahun dan terakhir mereka menemukan tulang kaki(tibia) yang berusia 47.000 tahun!.
Bukankah gambar disebelah ini sangat berbeda dengan gambar pertama diatas?

Sedangkan untuk kisah dari CNN sebaiknya kalian baca disini .CNN Cyclops. Yang menjelaskan bahwa temuan mereka adalah binatang raksasa sebesar gajah purba, bukan fosil Cyclops.

Memiliki gading sepanjang 1.3meter, tinggi 4,6meter, dan merupakan mamalia terbesar yang pernah ada dibumi.

Melihat dari lapisan sedimen dimana fosil ini ditemukan, kira kira usianya 8 - 9 juta tahun.Tengkorak Gigantheum Deinotherium ditemukan ditempat lain berusia jauh lebih tua dan benar memiliki rongga hidung yang besar ditengah, temuan ini dijadikan dasar cerita cerita penemuan Cyclops Skull oleh netter.

Jadi apakah sebenarnya Cyclops itu?

Yang jelas kita kenal, Cyclops adalah salah satu tokoh keren di Film X-Men,..hehehe... :-))
Dalam epik Yunani diceritakan Cyclops adalah anak anak Gaia (Bumi) dan Uranus (langit). Cyclops memiliki tiga saudara yang bekerja sebagai pandai besi untuk Dewa Olympia, pembuat halilintar untuk Dewa Zeus, dan pembuat Trisula untuk Dewa Poseidon

Cyclops membantu Hephaistos di bengkel vulkaniknya, ia juga dikisahkan membangun benteng Tiryns dan Mycenae di Peloponnese. So, Cyclops menurut saya hanyalah sebuah Mitos.


Kisah lainnya saya rasa kalianlah yang lebih tahu,...monggo juragan
Deinotherium Deinotheriidae Museum Nasional Philipina nationalgeographic

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Share