Senin, 28 Juni 2010

Ancient Wreck: Kapal Kayu Terbesar Dalam Sejarah, Caligula

Caligula, sebuah kapal kuno yang ditemukan puing puingnya saja memecahkan rekor sebagai kapal kayu terbesar yang pernah ditemukan.( Situs Noah Ark di Turki belum bisa dipastikan kebenarannya)


Pembangunan Leonardo Da Vinci International Airport di Fiumicino, Itali dikejutkan dengan penemuan kerangka kapal kayu yang sangat besar. Kapal memiliki panjang 95-104 meter, lebar 20.3 meter dan deck enam tingkat serta bobot seberat 7400 ton. Kapal di perkirakan mampu membawa 700 hingga 800 kru. Ada kemungkinan kapal ini digunakan untuk mengangkut obelisk dari Mesir ke St.Peter pada masa Kekaisaran Caligula (A.D  37-41)untuk membangun mercu suar Ostia. Sebab Lokasi penemuan hanya berjarak beberapa mil di utara Ostia di muara sungai Tiber. Dan pada masa Romawi lokasi Leonardo Da Vinci Airport adalah sebuah pelabuhan .Mercu suar Ostia dibangun meniru Pharos Of Alexandria, sebuah mercusuar kebanggaan Alexandria.


Namun rekor pada zaman Hellenistic (belum ditemukan bangkai kapalnya) mencatat ukuran kapal perang masa itu mampu membawa 7000 tentara!

Buku disebelah berisi detail penemuan dan penelitian Caligula Giant Ship.

1 komentar:

Linus Tua mengatakan...

astagaaa, besarnya seperti kapal pesiar tapi isinya tentara semua... 7.000 tentara,sekali merapat habislah nasi sama kopi di kedai dekat pelabuhan.
:D

Poskan Komentar

Share