Jumat, 14 Mei 2010

Mummi Hewan Mesir Kuno

Saya menemukan artikel yang berkaitan di National Geographic dan disini ada beberapa contohnya. Pada masa Mesir Kuno hewan telah di mummifikasi sama seperti manusia. Semua jenis binatang memiliki aspek penting dalam kehidupan masyarakat Mesir Kuno, dan memiliki peranan dalam keseharian pemahat, petani, pendeta dan pemerintahan. Hewan selalu memenuhi kebutuhan sebagai sumber makanan dan juga peliharaan. Tubuh hewan yang dikorbankan sebagai persembahan dan beberapa hewan peliharaan kesayangan selalunya di jadikan mummi dan dikubur dengan penghormatan. Seekor hewan kesayangan Ratu yang menjadi bagian keluarga kerajaan seperti di foto ini,

masih terlihat utuh dan baik kondisinya dalam balutan perban dalam keranda kayu dan dikubur bersama pemiliknya kira kira 945 B.C. (sumber Egyptian Museum, Cairo)
animals mummies 1 Unusual mummies of animalsPengabdian setelah kematian, seekor anjing pemburu yang dimiliki Pharaoh. Anjing pemburu kesayaangan , “would have been fed nibbly bits and spoiled rotten,” kata Salima Ikram. Saat mati, hewan ini dikubur dalam lokasi khusus di Lembah Para Raja.
animals mummies 3 Unusual mummies of animalsSeekor raptor yang dibungkus rapi menyisakan hanya sedikit tulang belulang.
animals mummies 4 Unusual mummies of animalsVotive mummies, yang dikubur bersama para pendeta, ada banyak ragamnya namun jarang ditemukan, replika mummi buaya yang ternyata tidak berisi apa apa didalamnya.
 Unusual mummies of animals
Baboon peliharaan,hasil tes sinar X mengungkap tentang hilangnya beberapa gigi pada mummi ini yang kemungkinan akibat dibuang dengan sengaja agar tidak menggigit para keluarga kerajaan..ada ada saja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share