Sabtu, 16 Januari 2010

7 Keajaiban dari Perkapalan Moderen


Seberapa besar kapal laut yang pernah kalian lihat? Kejayaan teknologi manusia mampu membuat kapal super tanker yang lebih luas dari 2 lapangan bola kaki. MT.KNOCK NEVIS


1-1Ships


(Images via: Dark Roasted Blend)
Lebih panjang dari tingginya Menara Eiffel, Knock Nevis  adalah raksasa mengapung dengan sejarah yang menarik. Dibangun di galangan kapal di Jepang untuk pemilik Yunani yang tidak bisa menerima pengiriman kapal ini, dimiliki oleh tiga orang dan berganti nama tiga kali, kapal ini digunakan sebagai penampung oleh Iran pada tahun 1988 dan akhirnya ditenggelamkan oleh Jet Tempur Irak. Sekarang kapal sepanjang hampir setengah kilometer ini masih bisa dilihat terpajang permanen di ladang minyak Al-Shaheen,Qatar dimana kapal ini dulu digunakan sebagai FPSO.
1-2Ships
(Image via: Relevant Search Scotland)
Bagaimana pun juga, gelar kapal terbesar didunia dimiliki MT.BATILLUS , Supertanker diakhir tahun 1970an, dengan bobot mati sekitar 500.000 ton.Dulu dibuat dalam sekala besar, namun semua kapal tidak betahan kurang dari satu dekade, yang paling lama adalah MT.PRAIRIAL, yang akhirnya di sekrap di Karachi tahun 2003. 
(Image via: Oasis of the Seas)
Pesiar diatas kapal mewah setinggi gedung pencakar langit?? Kalian harus memesan tempat di  Oasis of The Seas , Armada Royal Carribean International meluncurkan kapal pesiar nomor wahid, super mewah dan terbesar di dunia.

(Images via: Oasis of the Seas)
Diluncurkan di Finlandia tahun 2009, OotS(Ocean of the Seas) berlayar menuju Fort Lauderdale tempat yang akan menjadi rutenya. Setinggi 70 meter, panjang 360 meter dan mampu mengangkut seberat 225,000 ton! (ini empat kali lebih berat dari bobot Titanic), menawarkan apartemen dua lantai, lapangan golf mini, taman indoor dan fasilitas mengagumkan lainnya.

(Images via: Crunch Gear via Ecofriend)
 Freedom Ship  mampu menampung 60,000 penumpang (bahkan 100,000 penumpang) .Memiliki semua fasilitas masyarakat modern termasuk sebuah bandara diatasnya. Dimana kapal ini sekarang?? tersimpan dalam disain cetak biru, tidak ada investor yang menanamkan modal terkait beberapa kasus penipuan.US$11,000,000,000 adalah nilai yang tidak kecil untuk membangun sebuah kapal . Jika selesai dibangun, Freedom akan berlayar keliling dunia, saya bertanya tanya bagaimana rasanya menaiki kapal sebesar ini ditengah hantaman badai tropis. 

(Images via: Freedom Ship
Mencoba disain kapal Super Eco di tahun 2030, kapal ini ditenagai oleh Hydrogen Cair dan diatas kapal masih ada Panel Tenaga Matahari dan Pengumpul Tenaga Angin- dengan bobot yang ringan dan disain yang mengurangi tahanan angin , kapal pengangkut diklaim menghasilkan  69% emisi gas karbon lebih rendah berbanding kapal kargo kontainer  saat ini.


(Images via: 800HighTech)
Salam kepada kapal bajak laut modern: bagaimana perasaan anda jika kapal cepat ini bersandar dilambung kapal kalian dan memerintahkan segera berlabuh jangkar??. Lihatlah kapal kebanggan Angkatan Laut Swedia, Visby-Class Stealth Corvette.

Star Destroyer.Kapal perang ini didisain untuk menyusup dibawah jangkauan radar di jarak 13 mile laut yang tenang. dilengkapi body lapis baja, senjata berat dan rudal juga torpedo tentunya akan menjadi lawan tangguh para bajak laut.
(Image via: US Navy)
Penghargaan kapal jelajah tercepat  US Navy diberikan kepada Zumwalt-class destroyer –Senilai US$3.300.000.000, Kapal versi abad 21 memiliki teknologi stealth yang tak mampu dideteksi radar dengan ukuran sekecil kapal pancing! wow 
(Images via: US Navy and Wired)
…Sistem persenjataan canggih yang mampu menembakkan 10 putaran semenit dengan jangkauan 80 mil, memiliki peluncur rudal vertikal daan teknologi laser, ini adalah kapal perang masa depan.   

                            
(Images via: Inhabitat)
Terakhir , saya menghadirkan kapal apung yang unik?? ya ..ini kapal pementasan, kapal exhebition centre. Didisain untuk World Expo 2012 di Korea Selatan, kapal dengan disain paviliun tapi sangat berbeda..
7-2Ships
(Images via: Inhabitat)
…Ketika satu pertunjukan sudah usai, kapal akan berlepas dari dermaga dan berlayar kembali, ditarik oleh kapal tug boat sebab kapal ini ttidak memiliki mesin penggerak. Kapal akan ditarik ke sekitar pesisir pantai korea selatan dimanapun dibutuhkan.Unik sekali bukan?
little image edited by me but source:http://weburbanist.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Share